Apa itu Kali Linux : Sejarah, Kelebihan dan Fiturnya

Hai gengs... 
gimana, udah pernah dengar apa itu OS kali linux ini? 
bagi yang tertarik ke dunia hacking maupun programming admin saranin nih.. OS yang paling cocok buat mendalami dunia hacking yaitu OS ini. Simak sampai habis ya gengs artikel kali ini.. 

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan windows, pasti masih asing dengan istilah Linux. Apalagi istilah Kali Linux. Biasanya perbedaan yang mencolok diantar windows dan linux ialah tampilannya.

Jika windows tampilannya muncul seperti beberapa ikon pilihan menu, namun di linux tampilannya lebih polos dan pengaturannya kebanyakan harus menggunakan koding lagi. Cocok bagi anda yang ingin belajar hacker.

Nah, bagi anda para Hacker pasti sudah tidak asing lagi dengan BackTrack, yaitu sebuah distro linux yang bertujuan untuk penetration dan testing keamanan pada sistem jaringan. Kali Linux mempunyai kurang lebih 300 tools yang ada di dalamnya dengan fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas tentang Apa itu Kali Linux Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerjanya.

Kali Linux adalah system operasi berbasis debian linux yang di kembangkan oleh offensive Security. Dari segi tampilan Kali Linux memiliki tampilan sederhana dan tidak terlalu mencolok dan penggunaanya pun tergolong cukup mudah, sehingga sangat baik untuk para Pemula dalam melakukan penetrasi pada jaringan. Selain terdapat di PC, Kali Linux juga membuat ROM yang terdapat di Android yang disebut Kali Nethunter yang memiliki fungsi yang sama.




Sejarah Kali Linux


Linux sendiri berarti Unix clone, kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds dan dikembangkan dengan bantuan programer dan hackers dari seluruh dunia.
Linux memiliki semua feature yang dimiliki oleh Unix, termasuk multitasking, virtual memory, shared libraries, demand load, shared copy on write executables, proper memory management dan TCP/IP networking.Dengan feature sekelas ‘real operating system’ tersebut tidak membuat Linux menjadi mahal harganya, justru Linux dapat diperoleh secara gratis. Kalaupun ada sedikit charge itu hanya sebagai ongkos distribusi atau pembelian cd belaka.

Linux di distribusikan dibawah GNU General Public License yaitu suatu lisensi dimana pemilik program tetap memegang hak ciptanya tetapi orang lain dimungkinkan menyebarkan, memodifikasi atau bahkan menjual kembali program tersebut tapi dengan syarat source code asli harus tetap disertakan dalam distribusinya.

Linux pertama kali dikembangkan untuk PC berbasis 386/486 dan kemudian dikembangkan juga untuk mesin-mesin lain.Hingga saat ini Linux juga berjalan di mesin DEC Alpha, SUN Sparcs, M68000,MIPS serta PowerPC.

Linux bisa berjalan hanya dengan 150Mb space hard disk,2 Mb RAM tapi secara realistis tentunya dibutuhkan ruang lagi untuk development tools, data dan sebagainya maka dibutuhkan sekitar 250Mb space HD dan 12-16Mb RAM.

Sebagai sistem operasi modern Linux mendukung banyak sekali hardware yang beredar di pasaran tapi beberapa memang tidak didukung karena masalah teknis atau sekelompok sukarelawan sedang sedang mengusahakan driver-nya. Untuk mengecek hardware apa saja yang bisa berjalan di bawah Linux silakan lihat hardware compability di Redhat.




Kelebihan Kali Linux


Nah, setelah mengetahui pengertian dari Kali Linux, Selanjutnya anda wajib mengetahui tentang kelebihan Kali Linux berikut ini :
  • Stremaing Security serta update package dari repositori Debian
  • Sinkronisasi dengan repositori Debian 4 kali sehari, terus memberikan Anda dengan update paket terbaru dan perbaikan keamanan yang tersedia.
  • Packaging file Debian dari masing – masing tools Kali Linux
  • Jadi tool-tool pada Kali linux bisa di gunakan oleh distro yang lain yang masih turunan dari linux Debian, seperti Ubuntu, Blankon, dll
  • Pemaketan/packaging jangka panjang & sering maintenance pada bug-bug di tools-nya
  • Bisa menggunakan banyak desktop evironment misal KDE, LXDE, XFCE
  • Kemudahan update untuk versi kali linux terbaru
  • Support jangka panjang pada pengembangan jangka panjang pada ARM Hardware 
  • Automatis Instalasi pada Kali
  • Costum ISO & Boostraps
Dan masih banyak yang lain , tetapi pada dasarnya Kali Linux adalah distro versi 6 dari Backtrack hanya saja di rubah namanya jadi so pasti akan ada kelebihan yang di berikan . Dari kelebihan ini, yang paling mencolok yaitu adanya support yang kuat dari Debian yang merupakan nenek moyang dari Kali Linux.




Kekurangan Kali Linux

Kali Linux selain dengan segala kemudahannya karena open source, juga memiliki kekurangan. Yuk, simak kekurangan Kali Linux berikut ini :
  • Sistem operasi Kali Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai kemampuan komputer sama sekali
  • Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
  • Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik
  • Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu



Fitur – Fitur Kali Linux


Pada kali linux ini terdapat fitur fitur yang mungkin pada backtrack telah ada namun telah di sempurnakan oleh developer, berikut fitur - fitur dari kali linux di bawah ini.
  • Terdapat 300 lebih alat penetration testing yang telah di sempurnakan.
  • Gratis sampai kapan pun
  • Open source git tree
  • Mengikuti FHS complaint
  • Dukungan perangkat wireless yang luas
  • Modifikasi kernel yang sudah di patch untuk injection
  • Lingkungan pengembang yang aman
  • Mempunyai banyak bahasa
  • Dapat di modifikasi sesuka hati
  • Mendukung ARMEL dan ARMHF.
Kali Linux merupakan pembangunan kembali BackTrack Linux secara sempurna, mengikuti sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah direview dan dikemas, dan kami menggunakan Git untuk VCS nya.





Kesimpulan dan Penutup
Kali Linux merupakan sebuah system operasi berbasis debian linux yang cukup mudah digunakan oleh pemula. Bahkan, Kali linux ini bisa di gunakan oleh distro yang lain yang masih turunan dari linux Debian, seperti Ubuntu, Blankon.

Fitur – fitur Kali Linux sendiri juga beragam seperti mempunyai 300 lebih alat penetration testing, Gratis sampai kapan pun, Open source git tree, Mengikuti FHS complaint, hingga Dukungan perangkat wireless yang luas.

Nah sekian dulu ya artikel nya gengs, buat kalian yang ingin mengetahui apa itu hacking atau ingin belajar hacking maka sangat disarankan mengetahui apa itu Kali Linux dan apa saja fitur - fitur yang terdapat didalamnya. semoga bermanfaat ya untuk artikel kali ini..

No comments for "Apa itu Kali Linux : Sejarah, Kelebihan dan Fiturnya"