BERBAGI: Belajar Cloud Computing dengan Microsoft Azure


Hai.. udah tau kan apa itu microsoft azure dan alasan kegunaannya? udah di bahas kok di artikel sebelumnya.. bagi yang belum baca ini nih linknya ya ---> Microsoft Azure dan kegunaannya
Pertama - tama sebaiknya kita mengetahui apa itu cloud computing terlebih dahulu secara umum pengertian cloud computing (komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang terkoneksi dengan pada yang sama .

adapun manfaat dalam penerapan cloud computing yaitu :

  •         Semua data tersimpan di server secara terpusat
  •         Keamanan data dapat terjamin
  •         Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
  •         Investasi jangka Panjang
Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Karena sudah mengetahui apa itu cloud computing sekarang langsung saja ke Microsoft azure.

Apa itu Microsoft Azure ?


Microsoft Azure adalah sistem operasi  Microsoft yang berbasis cloud computing yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan bisnis tanpa terbentur halangan operasional.

                Komponen dari Microsoft Azure ?

  1. Compute : Merupakan bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses komputasi, baik secara foreground maupun background job (berjalan di belakang layar). Compute tools dari Windows Azure diantaranya adalah web role, worker role, dan virtual role.
  2. Storage : Merupakan bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses penyimpanan data. Terdapat dua jenis storage dalam Windows Azure, yang pertama adalah Azure Storage yang berguna untuk penyimpanan data yang berbentuk table, cloud, dan blob. Sementara itu, bentuk storage lainnya adalah SQL Azure yang merupakan versi SQL Server yang berjalan di cloud.
  3. Fabric : Merupakan bagian yang berguna sebagai “otak” dari teknologi ini. Proses ini diatur oleh Windows Azure Fabric Controller yang berguna dalam proses scheduling, resource allocation, dan management. 

Apa yang bisa kamu lakukan dengan Microsoft Azure ?

  •            Web App & Web Hosting: Dengan layanan ini kamu bisa membuat dan meletakkan website kamu di cloud infrastruktur Microsoft. Kamu bisa meningkatkan atau menurunkan spesifikasi infrastruktur tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  •           Virtual Machine: Dengan layanan ini kamu bisa mendeploy virtual machine berbasis Windows Server atau Linux di datacenter Microsoft. Windows Azure menyediakan berbagai images virtual machine atau kamu juga bisa menggunakan images virtual machine milikmu sendiri.
  •        Cloud Service: Layanan ini adalah layanan cloud server dimana kamu bisa mendeploy dan menjalankan berbagai aplikasi web dengan teknologi cloud.
  •          Mobile Service: Layanan ini menyediakan infrastruktur cloud untuk mengembangkan aplikasi mobile seperti aplikasi Windows Phone, iOS, dan HTML/JavaScript.
  •        Data Services: Storage, SQL Database, SQL Reporting, HDInsight, Backup, dan Recovery Manager
  •           App Services: Media Services, Service Bus, BizTalk Services, dan Active Directory
  •       Network Services: Data transfers, Virtual Network, dan Traffic Manage

     Dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan teknologi Microsoft azure ini untuk lebih lengkapnya kamu bisa buka halaman dari Microsoft azure  https://azure.microsoft.com/en-us/

Windows Azure bersandar pada teknologi REST (Representational State Transfer) sehingga proses komunikasi antar aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan protokol HTTP. Abstraksi dari konsep Windows Azure dapat dilihat pada gambar di bawah ini  :

Jika ingin menggunakan teknologi dari Microsoft azure sendiri di kenakan biaya yang cukup mahal tapi tenang saja bagi kamu yang ingin menggunakan nya secara gratis saya telah menulis artikel tentang Microsoft DreamSpark untuk mengakses teknologi Microsoft secara gratis dan kamu juga bisa melihat bagaimana cara mendaftar akun azure dengan menggunakan Microsoft DreamSpark secara gratis .

No comments for "BERBAGI: Belajar Cloud Computing dengan Microsoft Azure"

Berlangganan via Email