Cara install / Memasang Aplikasi Tor Browser Pada Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10


Hallo sobat TrickyTips
Kali ini saya akan membagikan cara untuk Install atau memasang Tor Browser pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan windows 10. mungkin artikel ini cukup sepele dimana sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara menginstall tor browser ini, namun artikel ini khusus saya buatkan bagi para pembaca yang baru akan mencoba untuk menggunakan Tor browser ini.

Apakah sulit untuk memasang Tor browser ini? jawabannya tidak. Pemasangan Tor di perangkat Anda tidak akan sulit sama sekali. Ikuti beberapa tahapan di bawah ini dan Anda akan dapat menggunakan browser Tor hanya dalam beberapa menit saja. silahkan disimak



  • Langkah 2: Anda akan masuk ke halaman pengunduhan. Pilih sistem operasi dengan cari menekan salah satu dari empat ikon yang ada di bawah ini. Seperti yang dapat dilihat, Anda dapat memilih dari antara Windows, Mac, Linux, atau Android. Jika Anda ingin untuk mengunduh browser dengan bahasa tertentu, Anda dapat menekan tombol ‘Download in another language or platform’.


  • Langkah 3: Sebuah file akan diunduh ke dalam komputer Anda. Buka file tersebut untuk memulai proses pemasangan. Pilih bahasa yang Anda inginkan, lalu tekan ‘OK’.


  • Langkah 4: Pengaturan Browser Tor akan muncul di layar. Pilih folder destinasi tempat Anda akan menyimpan (biasanya Anda tidak perlu mengubah apapun di tahap ini dan pemasang perangkat akan secara otomatis membuat folder baru untuk Tor) dan tekan ‘Install’ (‘Pasang’).


  • Langkah 5: Saat proses pemasangan, Anda dapat memilih untuk membuat Tor secara otomatis mulai bekerja setelah Anda selesai memasangnya. Jika Anda tidak melakukan ini, maka Anda harus membukanya secara manual dengan cara melihat programnya. Saat browser dibuka untuk pertama kali, Anda akan melihat tampilan layar seperti yang ada di bawah ini. Di kebanyakan kasus yang ada, Anda dapat langsung menekan ‘Connect’ (‘Hubungkan’) dan programnya akan mulai bekerja. Namun, apakah Anda sekarang berada di negara yang secara aktif menyensor Tor, layaknya Turki, Cina atau Mesir? Maka akan lebih baik untuk menekan tombol ‘Configure’ (‘Konfigurasikan’) terlebih dahulu. Tor akan membantu Anda dalam proses konfigurasi browser supaya Anda tidak akan terlalu terganggu dengan restriksi online yang berlaku di negara Anda masing-masing.


  • Langkah 6: Setelah Anda selesai melakukan konfigurasi, tekan ‘Connect’ (‘Hubungkan’) dan browser Tor Anda akan terbuka. Sekarang Anda dapat menggunakan Tor sepuasnya.




Proyek lain dari Tor

Selain browser Tor, adapun proyek-proyek lain yang juga dibuat seputar privasi online. Proyek Tor, sebagaimana timnya disebut, selalu bekerja untuk meningkatkan kapabilitas perangkatnya dalam melindungi privasi online para penggunanya serta mendukung kebebasan online. Salah satu contoh dari proyek mereka adalah Orbot, yang merupakan aplikasi proxy gratis untuk perangkat Android. Proyek ini menggunakan jaringan nodes yang sama seperti browser untuk mengirim informasi Anda melalui internet di seluruh dunia. Orbot membantu privasi online Anda dan juga mengenkripsi traffic online Anda. Sama seperti browser, Orbot tersedia hanya untuk Android.


Proyek lain yang dikerjakan oleh tim Tor adalah OONI dan fokus dalam upaya mendeteksi restriksi online. OONI, yang merupakan singkatan untuk Open Observatory of Network Interference (Observasi Terbuka akan Interfensi Jaringan), berfungsi untuk memonitor sensor internet di dunia. Sejak 2012, OONI telah mengembangkan perangkat lunak gratis yang dirancang untuk mendeteksi blokir online. Perangkat lunak ini tidak melindungi perangkat Anda, ataupun melampaui restriksi yang ditemukannya. Fungsinya sederhana yaitu untuk membantu melihat situasi global seputar restriksi dan sensor online. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang penemuan OONI melalui situs OONI.

Tidak semua proyek dari Tor masih aktif dan berjalan. Proyek Tor dulunya pernah membuat program chat yang mengenkripsi semua komunikasi. Mereka menyebutnya Tor Messenger. Dengan program ini, Anda masih dapat menggunakan semua jasa reguler Anda seperti Google Talk, Facebook Messenger dan Twitter, namun data chat Anda akan menjadi anonim. Tidak ada pencatatan yang akan disimpan, dan pesan-pesan Anda akan aman semuanya. Namun, pembaharuan dari Tor Messsenger telah berhenti semenjak April 2018, yang artinya perangkat lunak ini sudah tidak seaman dulu. Inilah alasan mengapa saya tidak menyarankan untuk menggunakan Tor Messenger lagi sekarang.

akhir kata 
itu lah tadi cara install atau memasang aplikasi Tor pada windows semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. sekian dari saya.

Salam TrickyTips

No comments for "Cara install / Memasang Aplikasi Tor Browser Pada Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10"