Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dan PC Tanpa Aplikasi kulitas tidak diragukan

Hallo sobat TrickyTips
kali ini saya akan membahas cara mengenai compress atau resize ukuran foto nih.. apa kalian sedang mencari-cari cara untuk memperkecil ukuran (compress) atau mengubah ukuran (resize) foto? trik ini khusus saya siapkan bagi kalian yang mencari cara untuk memperkecil foto . Misalnya saja untuk kebutuhan melamar pekerjaan secara online atau syarat administrasi, atau kebutuhan lainnya di mana kamu harus mengunggah pas foto yang harus dikompres menjadi ukuran kecil yang jauh lebih kecil dari ukuran file foto sekarang. 

tenang saja.. Sekarang kamu bisa dengan mudah mengubah ukuran foto hanya beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di HP dan laptop, bahkan tanpa perlu mendownload aplikasi tambahan. 

langsung ke topiknya aja ya, daripada kelamaan membahas mengenai memperkecil ukuran foto lebih baik jika langsung mencoba dan melakukan karena ada kalimat yang sering saya dengar yang cocok untuk kondisi kali ini dan menjadi panduan buat saya sendiri yaitu lebih baik berani beraksi dan mecoba melakukan daripada menyimak tanpa melakukan. 




Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan


dari seringnya masalah yang sering saya temui, lebih banyak pihak yang malas men-download dan memasang aplikasi di HP Android gara-gara memori penuh, dan takut membebani HP mereka. 

Kali ini kamu hanya membutuhkan sebuah tools online (website) bernama iLoveIMG. mengapa saya merekomendasikan iLoveIMG? jawabannya karena tools ini memiliki salah satu keunggulan yang cukup penting nih yaitu sudah mendukung situs berbahasa Indonesia. Jadi nggak akan membuatmu kesulitan dalam proses compress atau resize foto tersebut.
langkah 1:
  • Pertama, kamu tinggal buka situs iLoveIMG ( https://www.iloveimg.com/id ) pada aplikasi browser kalian ya ( di contoh ini saya menggunakan browser Google Chrome ) hingga muncul tampilan seperti dbawah ini
  • setelah itu kamu tinggal pilih menu Kompres Gambar ---> Pilih Gambar untuk mengunggah foto yang hendak diperkecil ukurannya dari penyimpanan kalian.
Langkah 2 - Kompres Foto
  • Pastikan foto yang kalian unggah ke situs iLoveIMG sudah benar, jika sudah kamu tinggal tekan tombol Kompres Gambar di bagian bawah. Tunggu proses yang berjalan hanya selama beberapa detik saja. 
Langkah 3 - Download Gambar Yang Sudah Dikompres
  • Jika sudah selesai, kamu bisa mengetahui ukuran foto dari gambar yang sudah diproses oleh iLoveIMG. Tu gak guys, iLoveIMG ini cukup efektif karena bisa mengecilkan foto hingga 85%.
  • Untuk men-download, kamu tinggal ketuk Unduh Gambar yang Dikompres maka akan secara otomatis tersimpan pada folder Downloads di HP Android kamu deh.


Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop Tanpa Aplikasi tambahan

Langkah ini bakal cocok buat kamu yang malas install software di laptop, sepert Adobe Photoshop dan sebagainya. Langkah kompres fotonya pun mirip seperti yang saya bahas sebelumnya, yang berbeda yakni tools yang digunakan.

Untuk memperkecil ukuran foto di laptop tanpa aplikasi, kamu hanya perlu mengandalkan aplikasi browser PC, jaringan internet, dan situs bernama IMGOnline, kalian juga bisa menggunakan situs di cara diatas kok, namun kali ini saya akan membahas menggunakan IMGOnline .

Nah, di sini kamu bahkan diberikan opsi dan bahkan bisa menerapkan cara mengecilkan ukuran foto menjadi 300 kb, 200kb, 100kb, atau sesuka kalian, lho. caranya seperti berikut ya:

Langkah 1 - Buka Situs IMGOnline di Browser


Langkah 2 - Lakukan Pengaturan Kompres Foto
  • Geser layar ke bawah hingga kamu menemukan bagian seperti berikut. Pertama kamu tinggal unggah foto yang hendak dikompres dengan klik Choose File.
  • Selanjutnya pilih opsi Compress jpg-file to: (...) Kbytes untuk memperkecil sesuai ukuran, jika sudah klik OK.


Langkah 3 - Tunggu Proses selesai kemudian Download Foto
  • Tunggu prosesnya beberapa saat dan situs IMGOnline akan memberikan ukuran file setelah dikompres seperti pada gambar berikut.
  • Untuk mengunduhnya, kamu tinggal klik Download processed image untuk disimpan pada PC atau laptop kamu.



Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint di Laptop 
Tau gak kalau kamu bisa juga memanfaatkan aplikasi bawaan Windows lho, yakni Paint yang ternyata bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto kamu.
Aplikasi edit foto yang satu ini dijamin mudah digunakan, nggak ribet, apalagi berat untuk spesifikasi PC atau laptop kamu yang mungkin terbatas. langsung ke langkah - kangkahnya aja ya dibawah ini:

Langkah 1 - Buka Paint
  • Pertama buka aplikasi Paint dan pilih foto yang hendak diperkecil ukurannya dengan perintah Open. Selanjutnya pada toolbar, pilih opsi Resize.



Langkah 2 - Mulai Perkecil Ukuran Foto di Paint
  • Selanjutnya akan muncul jendela Resize and Skew seperti pada gambar di bawah ini.



Langkah 3 - Lakukan Pengaturan untuk Mengubah Ukuran Foto
  • Kemudian kamu pergi ke bagian Resize. Di sini kamu bisa mengatur Percentage atau Pixels sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Jangan lupa untuk aktifkan Maintain aspect ratio agar proporsi foto tidak berubah. Jika sudah klik OK.


Langkah 4 - Simpan Foto yang Sudah Dikompres tersebut
  • Periksa kembali foto yang sudah kamu kecilkan. Terakhir untuk menyimpan, kamu pergi ke menu File > Save As > JPEG picture dan lakukan langkah penyimpanan seperti biasa, geng.

Akhir kata

Nah itulah tadi tips dan trik dalam meperkecil ukuran foto di HP dan laptop menjadi 200kb atau lebih kecil tanpa mengurangi kualitas yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. sekian dulu ya untuk artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Silakan juga share dan berikan komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan informasi dan berita seputar teknologi terbaru dari kami TrickyTips.

Salam TrickyTips