Linux vs Mac OS: Alasan mengapa anda menggunakan Linux sebagai pengganti Mac OS saat ini

Hallo Pembaca TrickyTips

Saat ini saya akan membahas mengenai Linux vs Mac OS
Pertama - tama, saya ingin memberi tahu Anda bahwa "tidak ada OS yang lebih baik," sebagai gantinya, hal ini akan tergantung pada bagaimana pengguna menggunakannya atau apa tujuan menggunakannya. Setiap OS, baik Linux, Mac OS, ataupun OS Windows, memiliki faktor-faktor utamanya mengingat berbagai macam kategori penggunaan.

Jika Anda menginginkan sistem yang bersifat open source, maka saya sarankan Anda menggunakan Linux karena dilengkapi dengan perangkat lunak open source dan gratis. Tetapi untuk lingkungan kantor, Anda lebih baik menggunakan OS Windows. mengapa? jawabannya karena Windows menyediakan perangkat lunak office suite tingkat perusahaan. Di sisi lain, Mac OS cocok untuk tugas media atau grafis kelas atas seperti Desain Web, Desain UX & UI, Desain Produk, Pengeditan Suara, Pengeditan Gambar, dll.



pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda 20 alasan terbaik yang membantu Anda memilih OS (Operating System) yang sempurna antara Linux dan Mac OS. Dari 20 pertimbangan ini, Anda mungkin menemukan beberapa hanya memberikan informasi umum, dan beberapa memberikan perbandingan di antaranya. Saya harap, sebagai proses penggabungan, Anda akan mendapatkan informasi yang diperlukan yang pada akhirnya akan membawa Anda ke jalan yang benar dalam memilih OS terbaik.

1. Dasar: sampai inti utama
Jika saya ingin membandingkan Linux dengan Mac OS, maka pertama-tama, Linux itu sendiri perlu sedikit diklarifikasi . Linux bukan OS, bukan kernel lengkap yang merupakan inti dasar untuk semua distro Linux di luar sana. Banyak perusahaan di pasar membuat berbagai OS Linux menggabungkan semua perangkat lunak, lingkungan desktop, driver, dan inti kernel. Jadi kernel Linux dikembangkan dan dikelola oleh yayasan Linux, tetapi banyak sukarelawan dan perusahaan membuat distro tersebut. Tidak ada satu entitas atau pihak mana pun yang menguasai Linux sepenuhnya.


Di sisi lain, Mac OS ini dikembangkan dan dikelola sendiri oleh pihak teknisi Apple. Itu berarti satu perusahaan tersebut yang mengembangkan seluruh sistem, termasuk kernel, tampilan desktop, dan banyak perangkat lunak default.

2. Stabilitas dan Kinerja Sistem
Linux dan Mac OS kedua sistem ini cukup stabil untuk melakukan tugas reguler. ihak Apple mendukung Mac OS, sehingga memiliki proses pembaruan sistem yang terintegrasi dengan baik yang memastikan stabilitas sistem suara dan kinerja tinggi.
Distro Linux hadir dengan berbagai suasana desktop tergantung pada kebutuhan dan permintaan pengguna. Jika Anda memiliki mesin kelas atas atau terbaru, Ubuntu atau Linux Mint dapat menjadi pilihan terbaik buat Anda. Kalau tidak, maka distro Linux ringan seperti Lubuntu atau PepperMint untuk desktop atau laptop dengan spesifikasi rendah. Terlepas dari sistem yang membutuhkan banyak sumber daya atau distro yang ringan, Linux memastikan stabilitas sistem yang solid dan kinerja terbaik di seluruh perangkatnya.
Background, Security, Linux, 3D, Blender     File:MacOS logo.svg - Wikimedia Commons
3. Mac OS X vs Linux: Dukungan Perangkat Keras
Baik sistem Linux dan Mac OS,keduanya bersinar di bagian ini. Karena Mac OS hanya digunakan di perangkat keras buatan Apple. Dengan demikian ia menyediakan kombinasi perangkat keras-perangkat lunak yang stabil dan terintegrasi dengan baik untuk memberikan Anda kinerja tertinggi.



Tentang Linux, ia memiliki beragam perangkat lunak untuk dukungan driver. Meskipun sebelumnya, itu adalah masalah yang tidak bisa disediakan oleh Linux; pengembang perangkat keras tidak menawarkan dukungan kompatibilitas driver untuk perangkat kerasnya di sistem Linux. Tetapi sekarang waktunya telah berubah. Linux adalah salah satu OS yang banyak digunakan di mesin desktop atau server. Sekarang semua vendor utama menyediakan driver perangkat keras yang kompatibel untuk distro Linux segera setelah mendapat pembaruan untuk sistem lain seperti Mac OS atau Windows OS.

4. Linux vs Mac: Sasaran Kelompok Pengguna
Jika Anda memiliki cukup dana dan menginginkan sistem dengan siap pakai, maka saya lebih menyarankan Anda memilih Mac OS. Sistem ini akan memberi Anda lingkungan desktop yang fantastis dan dipoles dengan kinerja yang kuat. Mac OS adalah pilihan yang sangat baik untuk pengguna pemula dan beberapa pengguna tingkat lanjut yang ingin melakukan beberapa tugas pengeditan suara atau video dan desain grafis.



5. Mac OS X vs Linux: prangkat lunak bebas dan open source vs. kelengkapan
Linux adalah pusat perangkat lunak gratis dan open sorce. Ada ribuan aplikasi yang tersedia, yang merupakan alternatif yang cukup berguna untuk setiap suite atau aplikasi bisnis berbayar.

Membeli mesin atau perangkat lunak Apple yang didukung Mac OS sama-sama menghabiskan banyak uang. Apple memang menyediakan beberapa perangkat lunak canggih, tetapi Anda harus siap untuk mengeluarkan cukup banyak dana untuk perangkat lunak atau layanan mereka.

6. Linux vs Mac: Keamanan dan Privasi
Keamanan dan privasi adalah faktor kunci untuk sistem Linux. Itu sebabnya ia mendapat popularitas besar di kalangan profesional TI. Sulit untuk membuat backdoor apa pun di sistem kernel Linux, dan linux juga memastikan bahwa ia tidak dilacak jejak digital penggunanya.

Di sisi lain, Mac OS adalah taman bertembok yang tertata rapi untuk para pengguna yang dibuat oleh Apple. Sebagian besar perangkat lunak Apple melacak pergerakan pengguna mereka sehingga dapat menjual produk dengan cara yang lebih baik kepada pelanggannya. Selain itu, karena Mac OS adalah sumber tertutup, jadi saya kurang tahu bagaimana apel menggunakan data pengguna atau kepada siapa perusahaan menjualnya.



7. OSX vs Linux: Antivirus dan  Ancaman Malware
Dalam kasus OS Windows, saya yakin dapat mengatakan bahwa OS ini adalah pusat malware dan ancaman online. Tetapi untuk Mac OS, tidak seperti itu. Apple selalu memberikan tambalan keamanan yang stabil setiap kali ada lubang keamanan atau pelanggaran yang terjadi atau dilaporkan.

Meskipun Linux menyediakan sistem yang tangguh, ia tidak kebal terhadap malware atau ancaman online. Linux memiliki sejumlah besar basis komunitas yang akan membantu Anda kapan saja, di mana saja pelanggaran keamanan terjadi dalam sistem linux.

8. Linux vs Mac OS: Kustomisasi
Seperti OS Windows, Anda tidak dapat melakukan kustomisasi yang efektif di Mac OS. Semuanya sudah ditentukan sebelumnya dari perusahaan, dan Anda hampir  tidak memiliki kesempatan untuk membuat sistem seperti yang Anda inginkan.

Dalam hal sistem Linux, Anda akan memiliki opsi kustomisasi yang sesuai dan bebas untuk apa pun yang Anda ingin lakukan. Ia menawarkan GUI atau antarmuka baris perintah untuk penyesuaian dasar dan lanjutan.

9. Hak Istimewa Administrasi dan Akses Root
Secara default, Linux tidak menyediakan akses administratif atau root, yang berarti virus atau malware dapat merusak file sistem pada awal, kecuali data umum pengguna. Tetapi pada Windows dan Mac OS, ia menyediakan akses administratif dan root sejak awal, yang membuat sistem lebih rentan terhadap malware dan virus.

10. Platform Pemrograman untuk Pengembang
Mac OS adalah pilihan yang sangat baik untuk menciptakan lingkungan pengembangan suara, film, desain grafis, atau elemen desain web. Tetapi jika Anda adalah seorang programmer atau berniat untuk melakukan pemrograman, dan kemudian pilihan terbaik adalah menggunakan sistem Linux. Ada ribuan editor kode, editor teks, IDE, dan bahasa pemrograman yang hanya dibuat dengan mempertimbangkan lingkungan Linux tersebut.

11. OSX vs Linux: Instal, Perbarui, dan Tingkatkan
Apple adalah satu-satunya vendor yang menyediakan semua pembaruan sistem, dan sistem Mac memiliki toko aplikasi terintegrasi sistemnya sendiri, yang membuatnya sangat mudah dan mudah untuk mendapatkan pembaruan yang diperlukan. Pengguna Mac hampir tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk memperbarui sistem dan perangkat lunak.

Di sisi lain, Linux dikenal sebagai sistem yang sedikit rumit dan terbaik untuk orang yang mengerti teknologi. Tetapi sekarang waktunya telah berubah. Ada banyak distro yang tersedia di pasar seperti Ubuntu, ZorinOS, Linux Mint, Elementary OS, PepperMint yang telah menjadikan jejak kaki mereka di dunia OS sebagai sistem yang sederhana dan mudah seperti sistem Windows atau Mac OS. Distro Linux menyediakan langkah mudah untuk menginstal sistem itu sendiri, dan memiliki sistem yang terintegrasi dengan baik untuk memperbarui aplikasi yang diinstal.

12. Linux vs Mac: Rasa Berbeda untuk Kebutuhan Berbeda
Linux tetap seribu mil di depan di sektor ini. Ada ratusan lingkungan desktop Linux yang tersedia tergantung pada kebutuhan pengguna dan konfigurasi sistem. Selain itu, ada Windows, Mac OS seperti distro seperti ZorinOS dan Elementary OS yang tersedia bagi mereka yang menginginkan transisi yang lancar dari OS sebelumnya. Anda juga dapat mengubah keseluruhan sistem dengan menambahkan berbagai Tema dan Ikon.

13. Linux vs Mac OS: Area Game
Seperti Windows, Mac OS adalah sistem yang disukai untuk mengembangkan game terbaru dan trending. Anda mendapatkan semua game di sistem Mac. Linux memiliki reputasi buruk di sektor ini. Tetapi sekarang ini telah mendapatkan momentum dalam hal mendapatkan prioritas dalam pengembangan game dan dukungan perangkat keras untuk kinerja gaming tertinggi. Selain itu, Linux mendukung platform steam di mana Anda dapat memainkan semua game terbaik offline dan online. Sekarang bermain game di sistem Linux jauh lebih mudah diakses melalui PlayonLinux.

Gaming on Linux

Gaming On Mac OS



14. OSX vs Linux: Photoshop, Office Suite dan Media Editor
Aplikasi Photoshop, office suite, media editor kelas atas adalah "de facto" utama mengapa pengguna menggunakan Mac OS. Mac OS ini memberikan kinerja canggih untuk mengedit suara, mengedit foto, mengedit video, dll. Dalam kasus Linux, ia tidak mendukung MS Office suite atau Adobe Photoshop, tetapi ada banyak alternatif yang tersedia untuk perangkat lunak bisnis itu. Anda dapat menggunakan LibreOffice sebagai alternatif Microsoft Office dan GIMP atau Darktable sebagai alternatif Photoshop.

15. Linux vs Mac OS: Task Automation
Karena Linux menyediakan lebih banyak akses administratif dan tingkat root daripada Mac OS, maka Linux tetap terdepan dalam melakukan otomatisasi tugas melalui antarmuka baris perintah dibandingkan dengan sistem Mac. Sebagian besar profesional TI lebih suka menggunakan Linux di lingkungan kerja mereka daripada Mac OS.

Linux vs Mac OS: Yang Mana yang Terbaik untuk Anda?
Mac OS jauh lebih aman dan andal daripada menjalankan sistem Windows. Tetapi bukan tidak mungkin untuk meretas atau menyerang (hack) sistem Mac, tetapi karena berbasis pada platform Unix, dengan demikian ia menyediakan lingkungan yang aman di mana ancaman atau malware tidak bisa mendapatkan akses ke file inti dan tidak dapat membuat kerusakan besar.

Dalam sistem Linux, ini lebih andal dan aman daripada Windows dan Mac OS. Itulah sebabnya, di seluruh dunia, mulai dari pemula hingga pakar IT membuat pilihan mereka untuk menggunakan Linux daripada sistem lain mana pun. Dan di sektor server dan superkomputer, Linux menjadi pilihan utama dan platform dominan bagi sebagian besar pengguna.


Jadi, jika Anda adalah pengguna yang suka memiliki tampilan  dan ingin lingkungan melakukan beberapa editing suara high-end, media, foto, penugasan desain grafis, maka saya sarankan Anda untuk menggunakan Mac OS. Tetapi ingat, itu akan membuat Anda mengeluarkan banyak uang di awal dan sepanjang siklus hidup juga. dan jangan risau pasti Mac OS akan memberi Anda sistem yang bisa Anda gunakan tanpa banyak penyesuaian dan kerumitan teknologi.


Di sisi lain, Jika Anda seorang pencinta open source seperti saya, maka jelas pilihlah Linux (sangat sangat saya rekomendasikan).. linux akan memberi Anda lingkungan bebas untuk membuat sistem sesuai keinginan atau kebutuhan Anda. Anda memiliki semua perangkat lunak yang bebas biaya. Dan juga dapat melakukan tugas pribadi dan bisnis secara efektif.

akhir kata
Saya harap Anda menyukai artikel ini tentang perbandingan Linux vs Mac OS. Meskipun tidak seperti perbandingan yang ideal, kurang atau lebih, ini memberikan beberapa informasi yang mungkin akan berguna. Jika Anda suka, silakan luangkan waktu untuk membagikannya di sosial media pribadi Anda. Berbagi dan peduli ini akan meningkatkan moral saya untuk menulis lebih banyak artikel untuk para pembaca sekalian. Dan jangan lupa untuk membagikan saran dan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah ini. Terima kasih atas waktu berharga yang Anda habiskan di sini.

Salam TrickyTips

No comments for "Linux vs Mac OS: Alasan mengapa anda menggunakan Linux sebagai pengganti Mac OS saat ini"

Berlangganan via Email