Pentingnya Defragment Untuk Menjaga Windows Tetap Stabil dan Cara Menggunakannya

hallo sobat TrickyTips 

sebelum masuk ke topik utama mungkin baiknya saya perkenalin dulu ya mengenai defragment atau disk defragment. pasti masih bayak yang belum tau kan apa itu defragment, sehingga banyak menimbulkan pertanyaan seperti apa itu disk defragment , buat apa sih disk defragment ini untuk computer/laptop, penting gak untuk menjaga kondisi system untuk computer ? 

apa itu disk defragment ?
defragment itu dapat diartikan sebagai suatu proses penghapusan fragment file yang menumpuk pada system. Nah fragment yang dimaksud ini yaitu bagian atau pecahan dari file system yang menyebabkan terjadinya fragmentasi . fragmentasi ini terjadi saat file sistem (FAT, FAT32, NTFS, EXT, EXT2,EXT3,EXT4 dan lainnya) yang digunakan oleh sistem tidak dapat mengalokasikan ruang kosong yang tersedia untuk menyimpan file dalam sebuah fragment. dalam hal ini fragment yang dimaksud yakni berbeda dengan sebuah partisi atau ruang dari hard disk drive (hdd), meskipun dalam menyimpan file pada partisi yang sama namun file tersebut belum tentu tersimpan pada fragmentasi yang sama.

Contohnya Kita asumsikan saja partisi itu sebagai sebuah kamar atau ruangan, dan didalam ruangan tersebut terdapat banyak lemari atau loker, sebut saja loker tersebut masing-masing berukuran 50cm x 50cm dan barang yang akan disimpan kedalam loker tersebut berukuran 100cm x 100cm, tentunya kita akan membagi barang tersebut menjadi dua bagian dan menyimpannya kedalam dua loker yang berbeda dengan mempertimbangkan (salah satunya) letak lokernya yang berdekatan.

Kenapa harus dibuat fragmentasi? Pertanyaan tersebut akan relevan dengan kenapa didalam ruangan harus ada loker? Bayangkan dalam satu ruangan kosong Anda menyimpan banyak barang tanpa pembatas (lemari, kardus, loker, laci, rak dan lain sebagainya), mungkin akan sangat mudah saat Anda menyimpan barang tersebut, namun saat Anda mencarinya belum tentu semudah itu, maksudnya barang yang Anda cari mungkin saja barang yang kecil dan terselip diantara banyak barang lain, perlu waktu yang relatif lama untuk mencari satu barang saja karena Anda harus “mengobrak-abrik” barang-barang lain yang tidak sesuai dengan yang Anda cari, akan lebih cepat jika barang yang ada dalam ruangan tersebut tertata rapi dalam lemari, kardus, loker, laci, rak dan lain sebagainya, setuju?. 

Kenapa Defragment dibutuhkan?
Defragment merupakan kebalikan dari fragment, defragment dapat diartikan proses penghapusan fragment. Bayangkan dalam sebuah ruangan ada 10 loker berjajar, Kita menyimpan satu sepatu kiri dalam loker nomor 1, sedangkan loker 2 sampai loker 9 terisi dengan barang lain, hanya loker 10 yang kosong, sehingga kita menyimpan sepatu kanan (pasangan sepatu yang disimpan di loker nomor 1). Dalam loker nomor 10, akan sangat merepotkan saat kita membutuhkan sepatu tersebut dan menemukannya pada loker pertama, namun hanya sebelah (bagian kiri saja) lalu kita mencari di loker nomor 2 sampai nomor 10 dan menemukan sepatu kanan diloker tersebut, waktu kita tentu akan tersita untuk mencari di loker nomor 2 sampai loker nomor 9. 

Begitupun dengan hard disk drive, saat suatu file disimpan dalam fragment terpisah dan letak antar fragment tersebut berjauhan, maka proses pembacaan akan memakan waktu relatif lama. Oleh karena itu defragment sangat diperlukan untul menjaga kesetabilan sebuah laptop atau komputer.

Fungsi defragment paling utama
Kita lihat kembali kasus sepatu diatas, sepatu kiri disimpan di loker nomor 1 dan sepatu kanan disimpan di loker nomor 10, karena suatu alasan barang diloker nomor 2 dibuang (dihapus), untuk mempermudah pencarian (sepatu), maka kita memindahkan sepatu kanan yang berada di loker nomor 10 ke loker nomor 2, jadi saat kita membutuhkan sepatu tersebut kita akan mendapatkan sepatu kiri di loker nomor 1 dan sepatu kanan di loker nomor 2 (tepat diloker sebelahnya/disampingnya), hal tersebut akan mempercepat waktu pencarian.

Begitu pula dengan hard disk drive, defragment akan sangat bermanfaat dalam hal - hal penting dibawah ini:

Mempercepat proses pencarian file
Hal tersebut terjadi karena file yang dipecah dan disimpan kedalam beberapa fragment, dipindahkan/disusun kembali sehingga fragment yang dipakai untuk file tersebut menjadi berdekatan. 

Efisiensi ruang hard disk drive
Jika kita kembali mengasumsikan fragment sebagai loker , defragment akan membuat loker kosong diantara loker lain akan terisi dengan memindahkan isi dari loker lain. Begitupun hard disk drive yang di defrag (kependekan dari defragment atau defragmentation), file didalamnya akan disusun ulang sehingga ruang kosong diantara fragment yang tidak kosong akan dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali.

Memeriksa kerusakan sector pada hard disk drive
Pernah mendengar istilah BAD SECTOR pada hard disk drive? Umumnya hard disk drive yang telah bad sector tidak dapat bekerja dengan optimal (tergantung tingkat kerusakan), bad sector artinya terdapat sector pada hard disk drive yang rusak, asumsikan saja sector yang rusak tersebut sebagai loker yang rusak.

Dengan defragment, tiap sector (sebelumnya kita sebut sebagai fragment, sector dan fragment sebenarnya sama) hard disk drive akan diperiksa, sehingga apabila terdapat sector yang rusak akan segera diperbaiki apabila kerusakannya masih dapat ditangani oleh software. Namun apabila software tidak dapat memperbaiki sector tersebut dan sector yang rusak sudah cukup banyak, pertimbangkan untuk membeli hard disk drive baru


cara melakukan defragmenter pada windows 10:

1. Buka Disk Optimization Tool
Membuka disk defragmentation pada Windows 10 cukup berbeda dengan Windows 7. Ada beberapa cara untuk membukanya. Cara pertama adalah dengan menggunakan taskbar. Untuk cara ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ketik di taskbar keyword “optimize” atau “defrag”. Selain itu, cara lain untuk membuka Defragment and Optimizes Drives bisa kamu lakukan dengan memunculkan perintah Run dengan cara tekan tombol Windows + R dan ketik dfrgui.

Satu lagi cara untuk membuka Disk Optimization Tool adalah dengan membuka File Explorer. Pada metode ini, pertama-tama klik kanan drive yang ingin kamu defrag, lalu pilih Properties. Pilih tab Tools dan klik tombol Optimize ketika kotak dialog Properties sudah terbuka.

2. Pilih Hardisk Kamu
Selanjutnya, untuk cara menggunakan Disk Optimization Tool, pilih hardisk mana yang akan kamu defrag, dan selanjutnya pilih Analyze.



3. Cek Persentasi File yang Terfragmentasi

Cek fragmentasi yang ada pada hardisk atau partisi hardisk kamu. Semakin tinggi persentase fragmentasinya, semakin lama juga proses defragmentasi yang dilakukan oleh sistem.



4. Klik Optimize untuk Defragmentasi

Jika kamu ingin melakukan defragmentasi hardisk kamu, klik Optimize. Lalu tunggu proses defragmentasi selesai.


Kata Beberapa Pendapat jangan sering - sering melakukan defrag. Jika Jangan sering-sering, Kapan Kita Harus Melakukan Defrag?
Sebenarnya seberapa seringnya melakukan defrag hardisk itu tergantung dari seberapa sering kamu menggunakan komputer. Jika kamu sering melakukan penyimpanan dan penambahan file, sudah tentu mendefrag akan lebih sering daripada pengguna yang hanya menyalakan komputernya. Umumnya melakukan defragmentasi hardisk itu sekitar sekali sebulan.

Selain itu, kamu juga dimungkinkan untuk menjadwal kapan komputer kamu harus melakukan defrag. Cara ini sebenarnya lebih praktis, karena dapat mencegah kamu dari kelupaan ketika ingin melakukan maintenance komputer kamu. Namun, sebaiknya lakukan defragmentasi ketika persentasi fragmentasinya tinggi, karena hardisk kamu akan mengalami kerusakan ketika persentasi fragmentasinya kecil.

Kamu juga bisa melakukan defragmentasi dengan software lain yang nggak hanya memungkinkan kamu untuk mendefragmentasi hardisk kamu, namun juga menawarkan fitur-fitur lain seperti optimization toos, registry defragmenters, dan juga peng-update software otomatis.

Melakukan defrag adalah cara yang tepat jika komputer kamu udah terasa semakin lemot, dan komputer lemot akan bikin kamu frustasi dan sebel. Ini dapat menghalangi kelancaran kamu ketika mengerjakan tugas atau kelakukan pekerjaan yang menggunakan media laptop. Sekian dulu untuk artikel mengenai defragment kali ini semoga datap bermanfaat bagi pembaca semua.

Salam TrickyTips.

No comments for "Pentingnya Defragment Untuk Menjaga Windows Tetap Stabil dan Cara Menggunakannya"

Berlangganan via Email