Baterai Laptop Cepat Habis atau ngedrop ? ini Penyebab Dan Solusinya !


Hai Sobat TrickyTips
nah kali ini saya akan mengangkat topik yang sering menjadi permasalahan pada laptop yang sehari - hari sobat pakai nih.apa sobat pernah mengalami masalah Baterai laptop cepat banget habis? jika iya  Pasti hal tersebut menjadi sangat mengganggu bagi sobat semua, apalagi kalau sobat baru pakai laptop sobat dalam jangka setahun atau kurang. nah masalah yang sering terjadi itu seperti kita memakai laptop namun batrainya habis tanpa sebab.. padahal belum sampai dipakai sejam ehh tiba tiba muncul notifikasi " your battery is running low" hikss.. sedih bet pas lagi penting - pentingnya, pas lagi seneng - senengnya, pas lagi kangen - kangen nya ( ehh salah ketik✌) atau hal yang lebih penting lagi dari beberapa hal tersebut malah muncul notifikasi seperti itu.

bahkan pernah saya alami keadaan dimana laptop saya itu baterai laptop dalam keadaan full tapi tiba - tibangedrop nggak sampai 5 menit pemakaian. ngeselin banget gak tuh.. Nah Hal ini juga sering mengganggu kegiatan sobat bahkan saya sendiri pastinya. Apalagi bagi sobat semua yang doyan nge-game dan dilakukan secara online, pasti itu menyebalkan banget disaat lagi seru ngegame eh tiba - tiba mati.. Ya, mau nggak mau, sobat harus membawa kabel adaptor laptop sobat. Nah masalah diatas tersebut sebenarnya dapat diatasi oleh sobst semua, mungkin kata yang tepat yitu bukan diatasi melainkan memaksimalkan keadaan laptop agar tetap pada kondosi fitnya.

Pernah ada mencul pertanyaan dari beberapa pengguna laptop bertanya ke saya apakah penyebab laptop mereka cepat lowbat tersebut bisa di sebabkan oleh sebuah virus? jawaban bisa namun hal itu cukup jarang terjadi.. nah ada beberapa virus yang memang berfungsi untuk mengaktifkan semua jenis service aplikasi laptop sobat sehingga laptop sobat mengaktifkan semua jenis program yang ada pada laptop sobat nah pada kondosi tersebutlah memberikan efek samping berupa laptop menjadi cepat panas, lag, bahkan batrai lowbat dimana itu semua efek samping dari virus yang mengaktifkan semua program sobat. namun kecil kemungkinan hal ini terjadi. biaanya dikarenakan banyak faktor lainnya yang lebih umum yang menyebabkan batrai sobat cepat ngedrop.

untuk itu sobat harus tahu apa saja faktor - faktor penyebab dari batrai laptop yang sobat miliki sehingga bisa mnjadi cepat lowbat tersebut dan sobat harus melakukan cek terlebih dahulu apa saja hal yang menjadi faktornya penyebab dari masalah tersebut, berikut adalah beberapa faktornya.


Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis
Tahu gak bahwa sebagian pengguna laptop seringkali menyepelekan terhadap kesehatan laptopnya sendiri dan ini yang membuat baterai meraka juga cepat habis. nah mungkin pengabaian itu nggak cuma dikarenakan ketidak tahuan namun juga disebabkan oleh keteledoran sang pengguna sendiri.
Bagi sobat semua yang belum mengetahu penyebabnya berikut ini adalah penyebab mengapa baterai laptop sobat cepat habis:

Laptop sobat sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat.
yupp seperti pada point kali ini yaitu laptop yang terlalu sering melakukan Pekerjaan Terlalu Berat dapat memberikan efek kepada batrai laptop sobat sendiri dikarenakan waktu pemakaian yang lama dan panas yang ditimbulkan oleh pemakaian yang terlalu berat tersebut dapat memperburuk kondisi  batrai laptop sobat menjajadi tidak fit lagi.. hal ini juga tidak berjauhan dengan Kemampuan laptop dipengaruhi oleh spesifikasi bawaan laptop itu sendiri dimana spesifikasi laptop yang baik akan mampu menlakukan pekerjaan yang berat sekalipun dan tanpa menimbukan efek pemaksaan pada laptop sobat dan efeknya pada mengurangi kondisi batrai sobat tersebut menjadi lebih kecil.

Begitu sebaliknya, jika spesifikasinya rendah, maka jika dipaksa melakukan pekerjaan berat akan membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi cepat rusak begitujuga yang terjadi kepada batrainya. Akibatnya laptop akan bekerja keras dan mudah panas. Hal tersebut akan membuat baterai laptop cepat habis dan menurunkan kualitasnya.

Penggunaan internet juga memicu baterai boros.
nah ini juga salah satu yang menjadi penyebab batrai Laptop akan bekerja lebih ekstra jika jaringan pada internet buruk dan berdampak besar kepada batrai laptop sobat dikarenakan hal tadi membuat laptop bekerja ekstra pada jaringan dan beban berat pun ditanggung untuk mengkondisikan ketersediaan jaringan sobat.

Laptop akan menjadi panas dan berpengaruh pada baterainya. Alhasil, saat digunakan, baterai laptop akan boros.

1. Penggunaan Terlalu Lama

  • Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama akan membuatnya mudah panas. Saat anda menggunakan laptop hingga berjam-jam bahkan sampai baterai habis, akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam baterai.


Sistem akan menjadi panas jika laptop digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga akan berdampak buruk pada komponen lainnya, termasuk diantaranya baterai. Dampak yang terjadi pada komponen satu ini biasanya baterai laptop cepat habis.

2. Melakukan Charger Sambil Mengoperasikan Laptop

  • Penyebab dari baterai laptop yang mudah habis selanjutnya adalah mencharger laptop sambil menggunakannya. Hal tersebut sepele, namun akan menimbulkan masalah jika dilakukan secara terus menerus.


Mengisi daya laptop dan langsung memakainya akan langsung menyedot daya yang terisi. Dengan demikian, daya yang terisi pada baterai tidak akan terisi dengan sempurna sehingga mudah habis. Bila anda tidak menginginkan baterai boros, maka hindari perilaku seperti itu.

Cara Mendiagnosa Kesehatan Baterai Laptop
Di samping itu kamu bisa mendiagnose sendiri sumber permasalahan mengapa baterai laptop kamu cepat habis. Nah kami akan memberitahu bagaimana mencari tahu mengapa baterai kita boros tanpa harus aplikasi third party atau pihak ketiga. Kamu tinggal menggunakan command prompt yang sudah tersedia di Windows. Berikut langkah-langkahnya:

Klik start terus sobat semua masuk ke menu pencarian (search bar) lalu ketikan perintah cmd. Lalu klik kanan pada cmd tersebut kemudian pilih Run as Administrator.

Tekan Windows + X (secara bersamaan), pilih Command Prompt (Admin).

2. Selanjutnya Ketik Perintah powercfg/energy  --> lalu tekan Enter.

  •  Dalam menjalankan proses ini kamu harus menunggu selama 60 detik atau 1 menit. Nanti Windows akan melaporkan detil penggunaan dayanya. Kemudian, setelah proses ini selesai, kamu akan melihat penjelasan hasil diagnosis yang diantaranya merupakan jumlah error, warning, dan yang lainnya. 



keterangan:

  • keterangan pada Error merupakan penyebab mengapa baterai kamu mengalami pemborosan daya.
  • Warnings adalah mengetahui apa saja bahaya yang terjadi pada batrai laptop sobat dan tersedia saran agar sobat bisa mengoptimalkan baterai laptop sobat tersebut.
  • Informational adalah keterangan tambahan hardware dan software yang terpasang.
Untuk melihat hasil laporan secara mendetail sobat dapat melihatnya melalui file energy-report berupa html yang dihasilkan dari proses diagnosis tadi. Sobat semua cukup membuka link C:\\Windows\System32\energy-report.html dengan menggunakan browser atau membukanya dengan cara manual melalui file manager (Windows explrer) dari Windows.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau bocor
Bagaimana jika baterai yang digunakan sudah terlanjur cepat habis atau bocor? sobat semua Jangan khawatir, karena sobat masih bisa melakukan beberapa cara kok supaya baterai laptop yang cepat habis dapat diatasi dengan baik dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

cara 1: Mengisi Penuh Baterai Laptop

  • Untuk mencegah baterai laptop cepat habis, sebisa mungkin sebelum menggunakan laptop, kamu isi daya baterai kamu terlebih dahulu hingga 100%. Jika baterai kamu baru sebentar saja sudah penuh, coba terlebih dahulu kamu pastikan laptop kamu benar-benar penuh dengan cara menunggu lagi selama 2 jam.


cara 2 : Biarkan laptop kamu menyala dan baterai habis dengan sendirinya.

  • setelah sobat membiarkan laptop sobat menyala dan daya batrainya habis dengan sendirinya, Kemudian, isi kembali daya baterai sobat hingga penuh lagi. kemudian sobat harus memastikan sobat tidak menggunakan laptop selama proses kalibrasi berjalan batrai sobat. Setelah proses kalibrasi baterai selesai, bisa bisa mengembalikan Power Plan pada pilihan semula.


Cara 3: Install aplikasi tambahan Smarter Baterry

  • Nah setelah itum download aplikasi Smarter Battery. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau baterai untuk laptop yang ditujukan untuk memberi semua data baterai kepada sobat. Aplikasi ini juga mampu untuk memperpanjang dan menghemat baterai sobat dengan cara menonaktifkan aplikasi tidak berguna yang berjalan pada laptop sobat dengan baik.


Akhir Kata
nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai pennyebab batrai laptop sobat menjadi cepat ngedrop dan langsung dengan cara mengatasinya menurut pengalaman saya sendiri. nha cara ini sudah banyak memiliki hasil tersting yang lumayan akurat untuk mengatasi permasalahan mengenai daya batrai yang sering ngedrop tanpa sebab. semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang membutuhkan mengenai pembahasan artikel saya kali ini. terimakasih..

Salam TrickyTips




3 comments for "Baterai Laptop Cepat Habis atau ngedrop ? ini Penyebab Dan Solusinya !"

  1. Informasi yang sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi seorang blogger yang nongkrong semalaman depan laptop, terima kasih atas infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali sudah berkunjung di website kecil saya ini bang teroka☺. sukses selalu bang

      Delete

Post a comment