Cara Install / install ulang komputer atau laptop Windows 7

Hello sobat TrickyTips
Kali ini saya akan membagikan mengenai bagaimana cara install ulang laptop atau komputer windows 7. artikel ini khusus saya buat kembali beberapa alasan. windows 7 ini pada tahun 2020 mungkin telahresmi ditutup oleh pihak microsoft itu sendiri dikarenakan windows 7 ini sudah sangat ketinggalan fitur - fitur maupun dari segi sistem keamanan dari Adiknya sendiri ( Windows 8 dan windows 10 ) dimana sebagian besar pengguna windows lebih memilih mengupgrade ke windows terbaru yaitu windows 10. dimana dari segi tampilan jau lebih rapi, elegan dan nyaman digunakan. Namun ada sebagian orang yang lebih memilih menggunakan windows 7 untuk alasan tertentu, maka dari hal ini saya tetap memperbarui cara instalasi ( install ulang ) pada coretan saya ini. 

Banyak pendapat orang mengenai mengistall ulang laptop atau komputer itu menakutkan tapi ,sebenarnya sangat mudah,bahkan kita sebenarnya tidak perlu membawa komputer atau Laptop kepada tempat service untuk menginstal ulang yang cukup sederhana dan yang paling penting kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk install ulang windows ini. langsung saja kita ke topik utama๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Bagaimana Cara Install Windows 7?
  • point paling pertama yaitu siapkan DVD instalasi Windows kalian ya. atau kalian bisa mendownload windows 7 tersebut kemudian burn ke DVD istalasi kalian.
  • Sebelum memulai proses instalasi windows 7 pada kompter atau laptop, kita harus mengatur boot awal pada Menu BIOS agar PC pertama kali membaca DVD Windows 7 atau Flashdisk sebagai media instalasi.

Untuk menginstall windows 7, ikutilah langkah-langkah dibawah ini:
  • Nyalakan PC (Komputer atau Laptop), kemudian masuklah ke Menu BIOS.
  • Supaya bisa masuk ke MENU BIOS, Saat menyalakan Laptop atau Komputer seperti gambar diatas, tekan terus-menerus dengan cepat tombol F2 pada beberapa laptop merk lain tekan Esc, F1, F10 atau tombol Del Pada Komputer.(untuk masuk menu bios setiap laptop atau komputer berbeda - beda, ada baikya kalian browsing cara masuk BIOS merek laptop kalian terlebih dahulu sebelum melanjukan proses install windows tersebut)
  • Pada sebagian merk laptop mungkin juga sambil menekan tombol “fn” bersamaan dengan F1/F2 dst, agar tombol tersebut berfungsi.

Pertama-tama Masuk ke Menu BIOS. Pada MENU BIOS aturlah booting pertama.
Catatan: Gambar diatas merupakan contoh masuk ke menu “BIOS” atau “Setup Utility”, tampilan BIOS ini beraneka ragam dan tentunya hal tersebut tergantung oleh merk laptop/komputer kalian.
Selanjutnya Aturlah Booting Awal. Cari Menu Tab Boot untuk mengatur Booting utama.
Kemudian Atur Boot Utama menadi CD-DVD , Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk. Ubah “Boot” pertama pada Menu “BIOS” Ke CD/DVD atau Flashdisk, namun jika dari Flashdisk ubah boot pertama ke Flashdisk, ini diperlukan agar “Booting” pertama kali membaca media CD/DVD Windows 7 atau Flashdisk pada saat booting.

Catatan: Khusus untuk booting utama dari flashdisk, yaitu kalian harus masukan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop.


langkah berikutnya yaitu Simpan Pengaturan BIOS. Klik Exit dan kemudian Exit Saving Changes dengan mengklik Yes.
Note: Komputer atau Laptop akan segera “Restart” dari DVD. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 “Installer” ke Drive DVD, sebelum “restart”.

Saat Mulai Booting Pertama. PC akan mulai booting dari DVD Windows 7 Installer.
Kemudian, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik “Enter” 

langkah Selanjutnya Tunggu proses hingga selesai,Pada Langkah ini kita tidak perlu melakukan apapun.

Setelah selesai langkah berikutnya yaitu Pilih Bahasa. Pilihlah Bahasa English atau apapun yang penting kalian pada ngerti ya.. kemudian Klik Next.

Setelah itu kita masuk dan memulai Proses Install windowsnya dengan cara Klik Install Now untuk memulai instalasi.

Konfirmasi Persetujuan. Klik "I accept the license terms", kemudian Klik Next.
Tips: Klik Next untuk Persetujuan instalasi.


Langkan berikutnya yatu Pilih opsi lanjutan. 
Pilihlah opsi lanjutan atau advanced untuk instalasi file sistem windows 7.

Note: Pada Langkah ini, sangat penting, Klik “Custom advanced”. Langkah ini artinya akan menginstal Windows 7 dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
Atur partisi. Aturlah partisi sesuai yang dikehendaki.
Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi yang akan di-install Windows 7 yang Baru. Gambar diatas merupakan contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi. Partisi pertama yaitu untuk System Reserved, Kedua untuk Windows 7 lama alias (C:), dan Ketiga untuk Data alias (D:).

Note: Apabila pada gambar diatas pada kotak tersebut kosong, artinya hard disk tidak terbaca, maka hardisk kemungkinan rusak atau kurang bagus atau kabel ke hard disk tidak bagus sehingga harddisk tersebut tidak terdeteksi.


Kemudian Hapus Partisi Sistem Lama. Delete Partisi Sistem Windows sebelumnya yang lama.

Important Note: Dengan Delete Partisi, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk (C:). Jadi jika kalian ingin melakukan instalasi atau install ulang windows sebaiknya simpan Data-data penting di drive (D:) atau (E:) agar data tersebut aman. kemudian Arahkan kursor untuk menghapus Partisi dengan Klik “Delete”, kemudian klik OK – OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya.

Langkah berikutnya yaitu Buat Partisi baru
Buatlah partisi yang baru dengan kapasitas atau space hard disk cukup.

Pada saat ini, Arahkan Kursor pada partisi yang akan diisi Windows 7 yang baru, Klik New, Kemudian Klik OK dan OK. Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa “Byte Hard Disk”.

Instal windows 7 pada partisi baru. Teruskan instalasi pada Partisi Baru.

Tampilan akan seperti gambar diatas, kemudian arahkan Kursor Pada Partisi yang akan di-install Windows 7 yang baru “Primary”, Kemudian Klik “Next”.

Tunggu proses transfer file windows 7. Memulai Proses Instalasi.

Proses Instalasi sudah benar-benar dimulai, kalau sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya. Jika Pada saat Expanding Windows files ada “error”, berarti memory laptop/komputer rusak atau ada sebuah kesalah pada harrdisk kalian, jik terjadi seperti itu maka lebih baik coba diulang lagi dari awal”. Namun kalau lancar, Windows akan restart otomatis.

Tunggu proses lanjutan. Proses instalasi dilanjutkan otomatis, kemudian akan restart sendiri.

Pada tahap ini, Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flashdisk setelah gambar tersebut “restart” Flashdisk HARUS dicabut agar tidak mengungalang proses install unutuk kedua kali.

langkah selanjutnya yaitu Restart otomatis.

Setelah “Restart”, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. Jika memakai flashdisk tidak akan ada tampilan seperti gambar diatas, kan flashdisknya sudah dicabut.

Biarkan Proses Melanjutkan. Biarkan saja jangan klik apapun pada langkah ini.

Penyempurnaan instalasi lanjutan. Biarkan saja.

Note: Menyempurnakan Proses Instalasi Windows. Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin “mouse” atau minum kopi Boleh sambil makan gorengan enak kali ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜.

Jangan klik apapun. Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis.

Isi Data-data. Isiliah dengan membuat nama pengguna anda atau nama hewan kalian boleh juga kok๐Ÿคฃ✌

Isi kata sandi jika diinginkan. jika tidak ya jangan di isi๐Ÿ˜…
Isi Kode Kunci Produk jika sudah punya. Product key windows 7, klik Skip jika belum punya.  nah untuk product key ini nanti kalian bisa browsing - browsing saja di internet. banyak kok yang nyediain atau kali bisa juga membeli dari microsoft langsung atau sdari toko retail windows.


Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik “Automatically activate Windows”. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah “Next” nanti ada “Skip”, jadi Klik “Skip”.

Pilih pengaturan rekomendasi. Klik Use recommended settings.

Atur waktu. Pengaturan waktu aktual, sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next.
Dan Selesai... Proses instalasi windows 7 completed.

Akhir Kata nah itu tadi langkah lengkap beserta bambar untuk menginstall komputer atau laptop windows 7 kalian. semoga dapat bermanfaat pagi para pembaca yaa.. jangan lupa untuk tetap ikuti coretan - coretan saya ini apabila bermanfaat bagi pembaca.. sekian

Salam TrickyTips

No comments for "Cara Install / install ulang komputer atau laptop Windows 7"

Berlangganan via Email