Layar Laptop Blank berwarna Hitam atau Putih saat di hidupkan? Ini Solusi Dan Penyebabnya



Hallo sobat TrickyTips
kali ini saya membawakan topik mengenai masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop pada bagian layar. nah masalah yang saya maksud yaitu masalah layar laptop blank yang berwarna putih atau hitam (stuck) pada saat menghidupkan laptop sobat. seperti biasa pada artikel saya yaitu akan kita kupas dari awal sampai tuntas ke cara mengatasi masalah yang sobat alami. sebelum kita masuk ke pembahasan utama, ada baiknya sobat semua tahu apa penyebab yang membuat layar laptop sobat menjadi blank dan hitam atau putih seperti itu . berikut adalah penyebab nya..

Penyebab laptop blank hitam atau putih saat booting ( dihidupkan )
sobat tahu gak, bahwa Layar Laptop Blank Putih atau hitam disaat laptop Baru Dihidupkan tersebut memiliki banyak jenis-jenis masalah yang disebabkan dan bisa terjadi di Laptop sobat mulai dari yang ringan, sampai yang agak berat.

untuk Layar Laptop Blank Putih atau hitam Semuanya terlihat sepintas bahwa hal ini seperti tidak ada masalah pada laptop, dimana kondisi tersebut memberitahukan bahwa laptop dan layar nyala. Namun yang masalah adalah laptop tidak ada tampilan lain sama sekali selain layar berwarna putih tersebut. Nah..kondisi terserbut menandakan bahwa tidak ada sesuatu yang bisa dibaca di layar laptop disaat proses booting tersebut. Kerusakan laptop seperti ini umumnya bukan karena kerusakan VGA laptop tetapi lebih ke pada masalah layar laptop sobat. namun di beberapa kondisi bisa saja ini terjadi dikarenakan beberapa penyebab lainnya. untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai kerusakan yang disebabkan dari sistem (bios) sampai pada hardwarenya.

berikut adalah beberapa penyebab layar laptop blank hitam atau putih saat booting atau saat dihidupkan:


Penyebab pertama yaitu RAM Tidak Terpasang Dengan Baik: 
  • Jika Anda pernah melepas RAM dari socketnya, ada kemungkinan modul memori belum terpasang dengan baik. Ini bisa menyebabkan laptop blank hitam atau putih tersebut.
Penyebab kedua yaitu RAM Rusak
  • Sama seperti sebelumnya, hanya saja ini disebabkan karena RAM yang sudah rusak (Jangka pemakaian yang terlalu lama misalnya).
Penyebab ketiga yatu terjadi Corrupt Pada BIOS
  • Agak jarang terjadi, namun ini bisa menyebabkan Laptop tidak bisa masuk ke tampilan BIOS. Hasilnya layar laptop blank hitam (gelap) saja.
Penyebab ke empat yaitu VGA Rusak
  • Rusak ini bisa karena artefak, dan yang paling parah adalah No Display. Ini akan menyebabkan laptop menyala, tapi tidak menampilkan gambar apa-apa. Saya pernah mengalami ini.
Penyebab kelima yaitu Kabel Penghubung Layar Rusak
  • Kabel fleksibel pada layar laptop mengalami masalah, seperti putus atau tidak terpasang dengan baik. Ini bisa menyebabkan layar laptop blank putih bergaris atau berwarna abu-abu. Saya pernah mengalami ini.
Penyebab ke enam yaitu Layar Rusak
  • Kalau yang ini bukan dari fleksibel, melainkan dari layarnya langsung. Ini bisa menyebabkan Laptop terlihat dalam keadaan mati, padahal menyala.
Penyebab ke tujuh yaitu Motherboard Yang Rusak
  • Ini yang paling banyak terjadi kalau menurut saya + para teknisi lainnya. Bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Dan bisa menyebabkan semua jenis kerusakan blank seperti yang sempat disebutkan sebelumnya.

Tahu gak bahwa kerusakan ini atau kerusakan layar blank berwarna putih atau hitam saat booting ini termasuk masalah ringan Dibandingkan dengan kerusakan lain sepertinya rusak fungsi kipas pendingin laptop, hardsik yang rusak atau kerusakan yang terjadi pada motherboard. kerusakan layar blank berwarna putih pada LCD laptop masih tergolong ke dalam kerusakan yang dapat dikatakan ringan nih sobat.

jika begitu, terus apa penyebab layar laptop menjadi blank putih atau blank hitam ini? disini saya membaginya menjadi 3 yaitu dari segi sistem dan dari segi hardware
  • untuk yang dari segi sistem, blank layar warna hitam atau putih in terjadi biasanya terjdi karena pengaturan bios yang tidak sesuai, driver yang terinstall tidak sesuai dengan laptop sobat.
  • namun bila dilihat dari segi kerusakan pada hardware bahwa, blank layar berwarna hitam atau pituh ini biasanya terjadi dikarenakan adanya kerusakan pada kabel flexible laptop sobat yang terletak pada lipatan sendi laptop sobat. tahu tidak, bahwa faktor yang menyebabkan layar laptop sobat ini menjadi blank putih adalah dikarenakan terjadinya kekurangan sirkulasi udara pada laptop sobat. Untuk kekurang sirkulasi udara ini Salah satu penyebab kurangnya sirkulasi udara pada laptop sobat tersebut karena kemungkinan sobst sering menaruh dan menggunakan laptop di atas kasur atau di atas bantal dimana hal tersebut merupakan kebisaan yang sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan laptop semua. Untuk menjaga kesehatan laptop sobat, sebaiknya sobat menggunakan fan atau kipas khusus laptop jika sobat memang ingin menaruh di atas bantal atau kasur. Namun sara saya secara individu sebaiknya sobat menggunakan fan laptop saat meletakkan laptop di mana pun untuk menjaga agar sirkulasi pada laptop sobat tetap stabil walaupun pada bantal atau kasur sekalipun, namun lebih baik lagi jika sobat menghindarkan untuk menggunakan laptop di kasur atau bantal tersebut.
Nah, setelah tadi kita bahas mengenai penyebab terjadinya layar blank berwarna hitam atau putih pada saat booting, kini saat nya kita masuk ke bagian utama nih yaitu cara mengatasi layar laptop blank berwarna hitam atau putih.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam atau Putih pada saat booting atau pada saat dihidupkan
Cara 1 : memeriksa keadaan RAM laptop yan sobat miliki

Ram, Ram Module, Memory, Computer

Langkah pertama ini, silakan cek dulu RAM laptop sobat.
Caranya, sobat perlu melepas RAM dari socketnya, kemudian pasang kembali. Pastikan sudah terkunci dengan benar. nah unutuk membuka melepas RAM ini temtusaja berbeda beda tiap tipe laptop walaupun dengan merek yang sama. untuk sobat yang belum mengetahui cara melepas RAM laptopnya, sobat bisa browsing sesuai tipe laptop sobat.  ex: "cara melepas RAM acer Aspire 3"

Tambahan, Anda juga bisa membersihkan bagian kuningannya menggunakan penghapus Pensil atau sejenisnya agar Ram dapat berfungsi dengan baik seperti semula. cara ini telah dibuktikan ampuh oleh beberapa teknisi dan penulis termasuk saya.

Cara 2: Coba Tes Memakai RAM Lain pada laptop sobat
apabila cara 1 belum berhasil maka sobat saya anjurkan ke cara 2 berikut yakni dengan mencoba RAM lainnya pada laptop sobat.
Compaq 323012-001, Ram Memory, Memory

Note: RAM yang digunakan harus tetap sesuai dengan RAm yang didukung Oleh laptop sobat
Prosedur ke 3 ini ditujukan untuk mengecek dan mengetahui, apakah ada kerusakan pada RAM atau tidak pada laptop sobat.
Untuk mengetesnya, harus dilakukan dengan RAM yang sama persis, atau setidaknya didukung Motherboard dari Laptop yang dipakai.

Cara 3: Mengubah Setting BIOS ke Default
Nah kali ini yaitu kita mengembalikan settingan bios ke awal. Mengatur BIOS ke default ini ditujukan supaya pengaturan-pengaturan yang salah pada BIOS bisa dikembalikan seperti saat masih baru.
Note
  • Masih baru dalam artian pengaturan untuk BIOS nya ya sobat.. bukan baru pada sistem operasinya
  • Ini biasanya cukup berpengaruh, untuk mengatasi masalah laptop yang blank. Dengan catatan, laptopnya memang masih bisa masuk ke BIOS.
Caranya :
  • Nyalakan laptop
  • Tekan tombol F2, F8, F11 atau tombol Del -----> berbeda - beda tiap laptop jadi sobat bisa search sesuai tipe dan merek laptop sobat
  • Kalau sudah masuk ke BIOS buka menu Exit
  • Di sana klik tombol Load defaults
  • Konfirmasi OK
  • Terakhir Save Changes and Exit
4. Coba Masuk ke Safe Mode


Nah.. hal ini Sama seperti BIOS sebelumnya kurang lebih. Masuk Safe Mode di sini ditujukan untuk memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada Windows yang seperti terjadi masalah error tidak dapat menampilkan layar ( blank ).

Kalau menurut saya sendiri, biasanya saya mengatur ulang driver VGA untuk mengatasi layar laptop blank hitam atau putih. nah cara ini bisa sobat terapkan dengan cara yaitu:
Pertama-tama sobat harus menyalakan dulu Laptop sobat
kemudian saat proses booting tekan tombol F8 berulang-ulang
apabila Saat sudah masuk Safe Mode, silakan sobat buka Device Manager
kemudian pada device manager tersebut lakukan Klik kanan Driver VGA kemudian uninstall driver tersebut
Sekarang coba tes lagi apakah sudah bisa teratasi atau belum.

Disini sobat juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang kira-kira jadi penyebab laptop blank layar hitam atau putih ini.

Cara 5: Mengecek Kabel Fleksibel Layar Laptop Yang Sobat Miliki


Nah agar tidak bingung dengan letak posisi kabel fleksibel, saya jelaskan sedikit bahwa letak Kabel fleksibel ini ada dibagian bawah, persis didekat layar laptop sobat. Untuk cara ceknya, Sobat harus melepas layarnya terlebih dahulu (harus dengan hati-hati dan teliti), kemudian melihat dan mencari pemasangan kabel Fleksibel ke Konektor layar laptop.

Cara 6: Cek Laptop Menggunakan Monitor Eksternal (VGA, HDMI, DLL)


Untuk yang ini, ditujukan untuk mengecek dua hardware sekaligus. Yakni masalah kerusakan layar, atau kerusakan VGA Card.

Caranya mudah banget, sobat tinggal sambung saja Laptop ke Monitor Komputer menggunakan kabel VGA, DVI atau HDMI. Atau pakai LCD TV juga bisa (Yang penting ada port-nya).

Kemudian tekan Tombol FN + F1 sampai F12. Cek di Keyboard, disana ada logo untuk mengganti mode ke layar eksternal sobat.
Note:
  • Kalau muncul gambar: Berarti LCD yang rusak. Ini kemungkinan LCD Laptop harus diganti dengan yang baru.
  • Kalau tidak muncul gambar: Kemungkinan yang rusak ialah VGAnya. Dengan catatan sobat sudah melakukan langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya, namun yakin tidak ada masalah.
Cara 7: Cek Harddisk laptop sobat
Hdd, Datarecovery, Computer, Hard, Drive

Pada cara ke tujuh ini pasti sobat merasa bahwa hal ini seperti tidak ada kaitannya pada layar mati. namun jika sobat berpikiran demikian maka sobat sedikit keliru.. memang Sekilas, jika dibayangkan  hal ini memang terlihat seperti tidak ada hubungannya ataupun kaitannya sama sekali dengan masalah ini. Namun, saya pernah mengalaminya sendiri pada kasus ini.

Sobat tau gak kalau sebuah Harddisk yang rusak ini, akan membuat laptop sobat tidak bisa melakukan proses booting atau tidak dapat dihidupkan. Kalaupun bisa dihidupkan, pasti yang terjadi hanyalah laptop mengalami blank hitam hanya ada kursor saja. nah dulu saya mengira hal tersebut bukan masalah besar sehingga dengan santainya saya membiarkan laptop tersebut dengan pemikiran bahwa laptop akan kembali normal dengan sendirinya namun butuh waktu. Tapi yang terjadi yaitu setelah saya tinggalkan selama 1 hari dalam keadaan tetap di cas, laptop saya itu tetap pada kondisi diawal yaitu layar hitam dan tanpa ada satu hal lain pun kecuali sebuah pointer dari kursor laptop.. nah saat itulah saya panik sendiri dengan berpikiran menyepelekan hal tersebut, jadi saya harap sobat tidak seperti saya. dengan terjadinya keadaan tersebut sobat harus tetap mengecek harddisk sobat bila terjadi blank hitam pada saat booting atau dihidupkan.

Untuk mengeceknya, sobat harus melepas Harddisk laptop terlebih dahulu, kemudian memasangnya ke Komputer lain. Untuk metodenya sobat bisa menggunakan software tertentu, seperti HDTune atau Harddisk Sentinel.

Cara 8: Melakukan Service Laptop Sobat


Nah.. untuk poin kali ini saya sarankan sobat untuk tidak melakukannya sendiri mungkin lebih baik sobat membawa laptop sobat ke tempat service center laptop sobat karena unutk cara kali in benar - benar tidak ditujukan kepada pemula, namun kepada teknisi yang sudah sering membongkar dan memperbaiki beragam jenis laptop.

Pada poin ini, saya ingin kembali membahas tentang masalah kerusakan VGA. Solusi yang saya bahas disini yaitu cara mengatasi dengan melakukan reball chipset VGA. Sesuai dengan yang saya katakan diatas bahwa cara ini tidak bisa dilakukan oleh pemula. Hal ini dikarenakan sobat smua pada cara ini harus melepas chipset-chipset yang ada, dan butuh mesin khusus juga (BGA) untuk pemasangannya. Termasuk jika motherboard mengalami kerusakan. Ini biasanya harus diganti. Dan tidak mungkin juga sobat semua meggantinya sendiri bukan?

Nah, karena itulah bisa dbilang, melakukan service laptop adalah langkah terbaik. Sobat bisa coba pergi ke Service Center. Untuk biaya perbaikannya bervariasi tergantung pada jenis kerusakan yang dialami. Namun untuk beberapa kasus dimana masih dalam masa garansi, dan memenuhi syarat, biasanya diberikan pelayanan secara gratis. Yuppp, secara gratis. (hehehe antusias amat yak kalau gratisan wkwkwk)

Akhir Kata
nah gimana sobat semua setelah menyimak beberapa masalah diatas? apakah sudah cukup bingung ? atau malah puyeng palanya? wkwk emangsih cara masalh ini susah susah gampang untuk diatasi namun apabila sobat melakukan sesuai dengan instruksi diatas maka masalah sobat pasti dapat diatasi namun apabila masih belum bisa juga teratasi maka sara saya kedapa sobat pembaca untuk membawa laptop sobat ke tempat service laptop terdekat bagi sobat, cara ini sebenarnya sangat dianjurkan karena apabila sobat masih sangat awam akan hal seperti ini maka dengan membawa ke service center terdekat adalah pilihan terbaik. nah semoga beberapa cara diatas diatas dapat mengatasi masalah sobat mengenai layar yang blank hitam atau putih pada laptop sobat semua saat melakukan booting atau di hidupkan bagi yang mencoba dan mempraktekkannya, namun apabila tidk mempraktekkannya, setidaknya sobat bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara memperbaikinya. Karena seperti yang saya bilang sebelumnya, nggak sedikit orang yang pernah mengalami masalah ini. sekian untuk artikel kali ini ya.. Terimakasih

Salam TrickyTips

No comments for "Layar Laptop Blank berwarna Hitam atau Putih saat di hidupkan? Ini Solusi Dan Penyebabnya"

Berlangganan via Email