cara merawat dan menjaga laptop sobat dengan baik panduan terlengkap

Hello sobat Trickytips

Kali ini saya akan membagikan gimana cara menjaga dan merawat laptop dengan baik.. artikel ini saya rekomendasikan bagi para pecinta laptop yang pastinya sangat ingin menjaga dan merawat laptop yang dimiliki (apalagi untuk yang memiliki laptop pertama kali atau yang cukup mahal pastinya akan mecari berbagi refrensi mengenai bagaimana cara menjaga dan merawat laptop yang sobat miliki, bener gak? ) sebenernya unutuk merawat dan menjaga kondisi laptop itu bisa dibilang gampang - gampang susah lho. kenapa demikian karena laptop ini kan suatu barang yang amat penting nih entah itu bagi para pekerja kantoran, mahasiswa/i atau para editor dan berbagai proffesi lainnya yang memakai laptop, untuk menjaga kondisi laptop tetap fit entah itu di bagian hardware maupun sistemnya sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama bhawa harga sebuah laptop sekarang ini cukup mahal dan biaya service juga mahal, maka perlu perawatan yang baik agar laptop awet dan berumur lama dan tetap mulus baik itu dari segi perangkat kerasnya maupun sistem nya. siapa sih yang gak mau apabila laptopnya tetap berjalan lancar tanpa adanya keadaan lemot pada saat penggunaan walaupun laptop tersebut sudah cukup lama beroprasi atau lama digunakan?
sudah pasti jawabannya sobat semua pasti pada mau kan.. nah back to topik. disini saya akan membedakan cara merawat laptop atau komputer sobat menjadi 2 jenis. mengapa saya pisah? jawabannya karena untuk merawat laptop sebenarnya bukan hanyaa pada bagian luarnya tetapi sobat juga harus merawat bagian dalamnya ( sistem ).
begini. . percuma jika laptop sobat keren tampilannya, design nya indah, bersih dan bebas dari debu, jika pada saat pengoprasian laptop sobat malah lemot atau sering ngelag saat digunakan.. apakah sobat gak kesel kalau laptop sobat udah bagus, rapi bersih ehh malah pas pemakaian berbanding terbalik dengan sistemnya. makanya saya menyediakan artikel ini menjadi 2 jenis.

jenis pertama: Merawat Laptop dalam segi hardware
jenis kedua: Merawat laptop dalam segi sistem sampai ke Software

Jenis 1: Merawat laptop dari segi hardware

Jangan Pernah Menutup Layar seketika Setelah Digunakan Lama
Kebanyakan orang pasti melakukan hal ini, memang sih windows sudah terprogra dimana jika layar tertutup layar laptop akan otomatis windows beralih kedalam mode tidur atau ke sleep mode. namun hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi layar laptop. mengapa saya mengatakan demikian? itu dikarenakan saat sobat telah menggunakan laptop tersebut dapat dipastikan laptop sobat pasti akan terasa panas, baik itu setelah pemakaian lama atau tidak lama. nah karena suhu inilah yang menyebabkan kita dilarang menutup layar laptop langsung setelah digunakan karena mengakibatkan layar laptop cepat rusak karena adanya suhu panss tersebut sehingga dapat berdampak buruk pada kualitas layar sobat. Saran saya apabila setelah menggunakan laptop sobat lebih baik mematikan lapop sobat dengan baik terlebih dahulu, setelah itu menunggu beberapa waktu agar suhu laptop sobat menurun lalu menutup layar sobat.

Jangan pernah Menggunakan Laptop diatas Kasur
Nah ini nih yang paling sering dilakukan orang - orang, padahal ini tidak baik bagi laptop tersebut. menggunakan laptop diatas kasur memang terasa nyaman bisa rebahan sambil mengerjakan tugas atau bermain game, ataupun menonton movie. Namun apakah sobat tahu jika laptop tepat diatas kasur atau bantal akan mengakibatkan sirkulasi udara terhambat sehingga dapat memicu dan menyebabkan suhu yang terlalu panas pada laptop. hal ini sudah di pastikan terjadi dan saya sudah sendiri sudah pernah mempraktekan dan membandingkannya dengan memakai laptop di meja belajar, dan hasilnya laptop yang digunakan dikasur atau tempat seperti busa Spoon akan lebih 3x lebih cepat panas walaupung menggunakan kipas angin sekalipun. saran saya untuk sobat pembaca bahwa Lebih baik meletakkan diatas benda keras seperti meja kayu atau papan plastik, lebih baik lagi jika diletakkan pada meja pendingin laptop.

Jangan Pernah Meletakkan Benda Berat diatas Laptop
beberapa orang melakukan hal ini namun hal ini ternyata tidak baik bagi layar laptop sobat. dalam beberapa kasus yang terjadi, hanya karena meletakan benda - benda diatas laptop saat laptop tidak terpakai dapat menimbukan kondisi dead pixel pada laptop (kondisi dead pixel ini yaitu berupa garis atau bintik perwarna hitam atau warna lainnya pada laptop) bukan hanya dead pixel yang mungkin terjadi namun layar laptop bisa saja menjadi retak ataupun yang lebih parah yaitu pecah. Saran saya Selalu biasakan menaruh laptop dipaling atas ini bertujuan supaya layar laptop sobat tidak rusak, bisa saja dengan beban yang berat layar bisa pecah retak atau komponen lainnya juga bisa mengalami kerusakan.

Jangan Menaruh Minuman dan Makanan dekat Laptop

hohoho dulu ini hobby ter ter sering yang saya lakukan, yaitu entah itu buat tugas, main game, nonton film atau apapun pasti disebelah laptop saya ditemani sebuah minuman dan camilan. dan alhasil suatu waktu laptop saya pernah kena tumpahan dari minuman dan harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki laptop. Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan setiap hari menggunakan laptop sambil nyemil atau minum, ternyata ini sangat berbahaya jika minuman nanti akan mengakibatkan kerusakan seluruh komponen bahkan bisa mati total jika air sudah masuk kedalam laptop. sedangkan untuk makanan juga seperti itu yaitu jangan dekatkan dengan laptop sobat karena sisa makanan yang menempel di keyboard akan dapat mengakibatkan kerusakan karena kotoran-kotoran yang ditinggalkan akan mengganggu kinerja keyboard apalagi kalau sampai laptop sobat kotor karena makanan tidak dapat di endahkan di kemudian hari entah itu mesin aupun keyboard sobat mengalami masalah.

Jauhkan Laptop dari Debu dan Bersihkan Secara Rutin
kedengarannya masalah ini sepele sih, namun sebenarnya Debu itu merupakan musuh utama laptop, mengapa demikian? jawabannya karena apabila debu itu masuk pada kipas prosesor dan sirkulasi udara maka  sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik sehingga dapat menyebabkan laptop cepat panas, namu apabila pada RAM sobat yang banyak terkena debu maka akan mengakibatkan komputer eror dikarenakan laptop ini takkan bisa beroprasi dengan baik tanpa RAM, jika masuk pada keyboard maka kemungkinan akan merusak tombol keyboard. saran saya yakni sobat harus mengusakan untuk selalu bersihkan laptop dan hindari debu, jika memungkinkan laptop diservice total mulai dari instal ulang dan membersihkan seluruh hardware agar laptop tetap terjaga dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa laptop sobat akan mulus banget sesuat dengan spesifikasi laptop sobat.

Jangan Biarkan Laptop Mati Terlalu Lama
Nah bagi sobat yang jarang menggunakan laptop maka hal ini harus diperhatikan, mengapa? karena hal tersebut berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin laptop sobat.saya mengatakan hal ini karena saya sering menjumpai laptop yang mengalamai kerusakan keyboard bahkan sampai mati total akibat laptop tidak pernah digunakan, karena jika laptop mati terlalu lama maka komponen dapat lembab dan dapat memicu kerusakan komponen.

Diharuskan Untuk Selalu Memerhatikan Suhu Laptop

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari suhu laptop terlalu panas diantaranya; jangan menggunakan laptop terlalu lama, hindari ruang yang panas, jauhkan dari sinar matahari, jangan meletakkan laptop diatas bahan empuk seperti kasur, busa, bantal, dll yang mengakibatkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik.

Gunakan meja pendingin yang dilengkapi dengan kipas sehingga suhu laptop akan terjaga dengan baik dan yang terakhir gunakan laptop sewajarnya sehingga hardware bisa istirahat. Jika laptop dipacu tanpa istirahat bisa mengakbatkan overheat yang mengakibatkan kerusakan pada motherboard, harddisk, RAM, dll.

Jenis kedua: Merawat laptop dalam segi sistem sampai ke Software




Tidak Memainkan Game Berat
Eitss... jangan salah sangka dulu dari sub topic nya. kata tidak memainkan game berat bukan berarti hal tersebut tidak diperbolehkan.. sekali lagi saya tekankan bahwa hal tersebut boleh. tetapi sobat pembaca harus bisa mengimbangi game yang sobat mainkan dengan spesifikasi dari laptop yang sobat miliki.. mengapa saya katakan harus mengimbangi? hal tersebut dapat ibaratkan sebagai 2 hal yang berbeda. misalnya untuk laptop yang spesifikasi rendah atau standard maka sobat gambarkan sebagai sebuah sepeda, sedangkan untuk laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dapat di ibaratkan sebagai sebuah mobil.. nah apabila game yang sobat mainkan tersebut kita ibaratkan adalah sebuah gunung yang dipenuhi oleh pendakian.. menurut sobat yang manakah yang akan mengalami capek atau kelelahan yang berlebihan? saya yakin sobat semua pasti memilih speda yang pasti lebih capek.. nah begitu juga untuk sebuah laptop.. apabila laptop sobat memiliki spesifikasi yang standard atau minimum maka saya menyarankan agar sobat tidak memaksakan untu memainkan game tersebut, karena apabila dipaksakan maka laptop sobat pasti mengalami panas berlebihan atau overheat, lag yang sangat parah dan bahkan dapat menyebabkan sistem error apabila tetap dipaksakan.. namun lain halnya apabila spesifikasi laptop sobat tinggi.. maka sobat bisa dengan bebas memainkan game tersebut dengan sangat lancar dan gass poooolll dah tanpa perlu memaksakan diri seperti kasus speda tersebut.. nah saran saya sebagai penulis bahwa hal tersebut tidaklah dilarang namun lebih baik tidak memksakan apabila sobat memiliki spesifaksi laptop yang minim..
Terlalu sering bermain game yang berat maka akan memacu laptop bekerja dengan maksimal sehingga komponen laptop akan cepat rusak terlebih baterai akan cepat habis dan bahkan bisa rusak, namun jika laptop kamu memang didesain untuk game maka sebaiknya tambahkan pendingin saja agar suhu tetap setabil. Kurang lebih memiliki prosesor yang mumpuni, RAM yang tinggi, VGA yang mumpuni dan memiliki harddisk yang longgar.

Jangan Mengunduh Software Sembarangan
nah ini nih salahsatu penyebab laptop sobat memiliki virus, biasanya hal tersebut berasal dari sebuah program yang sobat download yang tidak jelas siapa pembuat atau pencipta program terebut.. dikarenakan sekarang ini sudah banyak sekali virus - virus yang tersebar di internet.
Nah.. Penyebaran virus melalui internet ink bisa terjadi kapan saja dengan munculnya iklan pop-up sehingga secara tidak sengaja akan terinstal dengan sendirinya dan akan merusak sistem laptop sobat. Dan ini sering terjadi pada situs-situs yang menyediakan software ilegal, maka sebaiknya untuk  mengunduh sebuah software atau aplikasi maka lebih baik langsung mengunduh pada situs resmi yang terpercaya dan aman dari virus dan malware yang mengancam. Seperti virus terkenal yaitu Ramsomeware yang dapat mengubah ekstensi file sehingga file menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. virus tersebut dapat merusak file seperti merusak microsoft word, exel, point atau file corel draw. Virus ini sering menyebar melalui jaringan internet maka sebaiknya sobat harus lebih berhati-hati dalam menggunakan layanan internet dengan baik.

Memasang antivirus
tadi kan udah dibahas mengenai mengunduh program.. nah saya akan melanjutkan dengan memberikan saran  untuk menjaga sistem laptop dengan baik agar tidak terserang virus yaitu dengan memasang antivirus yang yang sudah terpercaya seperti AVG, Avira, Kaspersky, DAN Banyak lainnnya. nah dari daftar antivirus tersebut sobat dapat memilih dan menggunakan salah satunya agar dapat mengatasi masalah yang sudah saya bahas diatas mengenai virus. jangan lupa sobat harus selalu update mengenai program antivirus terbaru agar dataase virus sobat tetap terjaga dengan aman oleh antivirus tersebut.

nah ini yang terakhir yaitu menjaga performa laptop sobat dengan cara tetap melakukan defragment dan  melakukan pembersihan dengan menggunakan cleanup secara rutin atau berkala agar laptop sobat tertap memiliki performa yang baik.

apabila sobat pembaca belum tau mengenai apa itu defragmen sobat bisa masuk ke sini --> pentingnya defragment dan apa fungsi pentingnya terhadap sistem laptop

sedangkan bagi yang belum tahu mengenai disk cleanup dan fingsunya sobat sbaiknya berkunjung ke sini terlebih dahulu ---> pentingnya disk celeanup dan fungsinya  untuk laptop

Akhir Kata
nah itu tadi sobat beberapa tips yang sudah saya uji sendiri bagi tingkat keakurantannya, semoga sobst pembaca semua dapat memahami dan menemukan segala hal yang dibutuhka pada artikel - artikel saya ini.. sekian dan terimakasih ya para sobat pembaca

Salam TrickyTips