fitur Windows 10 Lengkap Mudah Digunakan dan fitur keren ter update

 Hello Sobat TrickyTips

gimana nih, udah pada tau kan apa tuh system operasi Windows 10 dari pihak Microsoft ? Windows 10  ini merupakan sistem operasi paling baru dan terpopuler yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows 10 pertama kali dirilis pada 2015 lalu.
Setelah hampir beberapa tahun, sistem operasi ini masih menjadi yang terbaik. Namun, tahukah kamu beberapa tips dan trik mudah dari Windows 10?
Berikut adalah fitur Windows 10 Super Lengkap Mudah Digunakan dan fitur keren  super mudah yang wajib kamu coba.
Berbekal perintah keyboard dan mouse sederhana, kini kamu bisa merasakan beberapa kelebihan fitur yang dimiliki oleh Windows 10. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang wajib dan mesti kamu coba.
1. Start Menu Baru yang lebih fresh
👤👤👤👤
Windows 10 mengembalikan cita rasa Start Menu yang sempat menghilang pada versi Windows 10. Di sini kamu bisa mengakses berbagai pekerjaan, mulai dari aplikasi, menu komputer hingga opsi untuk Shutdown ataupun Restart.
Nah, untuk menampilkan Start Menu baru dengan tampilan lebih simpel, kamu bisa menekan tombol shortcut Windows + X. Kamu juga bisa mengaksesnya dengan klik kanan pada logo Windows nih guys.
2. Fitur Disk Cleanup yang cukup powerfull

Kapasitas hardisk yang hampir penuh membuat kinerja komputer semakin lemot. Kamu juga bisa membersihkannya dengan mengakses fitur Disk Cleanup secara mudah. Berikut cara mudahnya.
  • Tekan tombol Windows dan ketikkan disk cleanup . Jika sudah pilih aplikasi Disk Cleanup yang ditampilkan.
  • Pilih drive mana yang hendak kamu bersihkan. Otomatis sistem operasi Windows akan melakukan scanning pada file sampah yang terdeteksi.
  • Pilih folder mana saja yang hendak dihapus dan klik OK.
3. Windows security penghapus malware
Sebenarnya Windows 10 sudah memberikan aplikasi antivirus untuk menangkal serangan malware bernama Windows Defender. Kamu bisa juga mengaktifkan pengamanan realtime dengan cara berikut:
  • Tekan tombol Windows dan ketikkan windows defender . Jika sudah pilih aplikasi Windows Defender yang ditampilkan pada layar.
  • Pastikan Real-time protection dalam keadaan aktif (secara default Windows 10 akan mengaktifkan fitur ini).
  • Jika belum, pergi ke menu Settings dan aktifkan Real-time protection untuk mengaktifkan fitur ini.
4. Buka Jendela Taskbar Super Cepat
Terkadang kamu membuka banyak aplikasi sekaligus dan membuat taskbar Windows 10 penuh kan? Nah untuk mengaksesnya secara super cepat, kamu bisa melakukan kombinasi tombol Windows + baris nomor pada bagian atas. Jangan lupa sesuaikan dengan urutan aplikasi pada taskbar ya guys.
5. Fitur Quick Assist
Tidak semua pengguna sistem operasi Windows 10 adalah pengguna yang ahli dan paham mengenai komputer. Beberapa di antaranya bisa jadi gaptek alias gagap teknologi, misalnya saja untuk orang tua loh.
Makanya untuk mempermudah penggunaan Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur Quick Assist sebagai berikut:
  • Tekan tombol Windows dan ketikkan quick assist dan pilih aplikasi Quick Assist.
  • Pilih mode Get Assistance atau Give Assistance dan ikuti perintah pada layar selanjutnya.
6. Goyangkan Jendela Windows
Goyangkan jendela Windows, bukan berarti kamu mengguncangkan komputer atau layar kamu. Kamu cukup klik dan drag lalu goyangkan jendela aplikasi aktif untuk me-minimize semua jendela aplikasi. Kemudian lakukan lagi untuk mengembalikan jendela ke keadaan semula.
7. Akses Task Manager Cepat
Pernah kan merasakan komputer kamu hang? Untuk mengembalikan ke keadaan semula, kamu bisa mengakses Task Manager dengan menekan tombol kombinasi shortcut Control + Alt + Delete. Selain itu, kamu juga bisa klik kanan pada logo Windows dan pilih opsi Task Manager.
8. Atur Waktu Penggunaan Software
Selain mematikan aplikasi melalui Task Manager, kamu juga bisa menjadwalkan penggunaan software dengan menggunakan aplikasi Task Scheduler. Untuk mengaksesnya, kamu bisa mencari task scheduler dengan mencarinya dengan menekan tombol Windows.
9. Rekam Layar Tanpa Aplikasi Tambahan
Nah, fitur ini bakal cocok banget buat kamu para gamerPasalnya tanpa aplikasi, kamu bisa merekam segala aktivitas termasuk bermain game langsung di Windows 10.
Untuk mengaksesnya kamu bisa menekan kombinasi shortcut Windows + G dan ikuti perintah pada layar selanjutnya. Eh iya, fitur ini juga bisa dihubungkan dengan Xbox.
10. Percepat Waktu Startup Windows
Merasa proses startup dan booting Windows 10 lama? Kamu pun bisa mempercepat waktu startup Windows 10 dengan mematikan beberapa aplikasi, begini caranya:
  • Akses fitur Task Manager dan pergi ke tab Startup untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan saat proses ini.
  • Kamu bisa memperhatikan Startup Impact untuk melihat pengaruh aplikasi saat startup, mulai dari Low, Medium hingga High.
  • Untuk mematikan proses, klik kanan pada aplikasi yang jarang kamu pakai dan klik Disable.
Yahh… Akhir Kata
Itulah 10 tips dan trik Windows 10 super mudah yang wajib kamu coba dan lakukan guys. Windows 10 masih terus mendapatkan update yang membuat performanya semakin baik. Sekian dulu yak guys semoga artikel ini bias bermanfaat bagi para pembaca di blog ini..
Salam TrickyTips

No comments for "fitur Windows 10 Lengkap Mudah Digunakan dan fitur keren ter update"