mengetahui Apa itu Tor, apa fungsinya, mengapa harus menggunakan Tor


Hello sobat TrickyTips

Kali ini saya akan membahas tentang Tor browser nih. pasti kalian masih cukup iseng mendengar sebutan Tor browser. yups tor browser ini memang tidak cukup terkenal di kalangan umum, namun untuk kalangan pemerintah atau kalangan yang berkepentingan untuk menyembunyikan identitas mereka pada dunia maya mereka pasti sudah sangant familiar dengan yang namanya Tor Browser ini.

Apa Yang Dimaksud Tor Browser dan Apakah Aman Untuk Digunakan?

Apa anda tau bahwa, internet biasa yang anda semua jelajahi kebanyakan pengguna pada dasarnya hanya baru mencapai permukaan atau kulitnya saja, karena jauh didalam internet terdapat lebih dari sekedar pencarian. Anda bisa mencari apapun tanpa ada batasan, namun penuh dengan resiko yang cukup berbahaya. Inilah yang disebut dengan Dark Web dan untuk mencapai itu, kita perlu perlu perangkat khusus untuk ini, dan biasanya orang memakai perangkat Lunak seperti Tor browser ini untuk tetap menjaga identitas dan menjaga keamanan .

kadang saya sering mendengar pertanyaan, bagaimana fungsi Tor ini sebenarnya? apakah aman untuk diunduh dan dipakai? dan apakah ini tersedia untuk semua orang? Ini adalah sebuah pertanyaan besar, karena software Tor sering menjadi subyek kontroversi bahkan sampai sekarang pun masih tetap seperti itu. Jika Anda sedang mempertimbangkan akan men-download software ini, maka anda perlu menyadari mengenai sisi pro dan kontra pada Tor browser ini. terutama karena Tor akan memungkinkan anda untuk menelusuri beberapa daerah yang cukup gelap di internet namun itu semua tergantung si pengendara sendiri (orang yang menjelajahi dan memakai) apakah ia memakai untuk hal seperti apa.

Apa itu Tor?

Dalam definisi yang paling sederhana, Tor merupakan perangkat lunak web browser yang menyembunyikan identitas anda ketika sedang online. Hal ini dapat dilakukan dalam beberapa cara yang berbeda. Pertama, menggunakan enkripsi untuk mengacak data yang sedang dikomunikasikan dalam jaringan. Yang kedua, rute data antara server diatur secara acak dalam jaringan Tor untuk menyembunyikan identitas online Anda, termasuk data terkait dengan alamat IP pribadi.


Untuk apa Tor digunakan?

Pada dasarnya, Tor dapat digunakan untuk hal-hal yang baik dan buruk ( kemungkinan terburuk, dan kami tidak akan pura-pura untuk memberi tahu anda, bahwa mungkin anda bisa melihat sesuatu yang terburuk namau seperti kata saya diatas tadi, itu semua tergantung dari si pengendara/pemakai)



  • Dilihat dari sisi Positif : Hal terbaik tentang Tor adalah bahwa ia menyediakan anonimitas bagi orang yang ingin menelusuri web tanpa bisa dilacak oleh penyedia layanan internet mereka, website, pemerintah dan bahkan pihak lainnya. Anda juga dapat menggunakan Tor untuk mengakses layanan yang diblokir oleh beberapa penyedia internet, atau pemerintah.


  • Dilihat dari Sisi negatifnya: Memang benar bahwa Tor memiliki sisi gelap, tapi sebenarnya bukan berasal dari perangkat lunak itu sendiri, hanya ke tempat-tempat saat anda jelajahi. Anda mungkin pernah mendengar istilah “Dark Web” sebelumnya. Ini adalah bagian dari internet yang sering digunakan untuk kegiatan ilegal seperti pornografi anak, penjualan obat, prostitusi, penjualan drugs, senjata, bahkan kalian bisa menyewa jasa pembunuh, dan jasa h4cker dll. Dan software Tor diperlukan untuk mengakses Dark Web, sehingga menggunakan perangkat lunak ini dapat menyebabkan anda pergi ke beberapa tempat yang cukup gelap.
Apakah Tor aman?


  • Jawaban paling mudah: Ya dan tidak. Tapi Perangkat lunak ini sendiri aman untuk digunakan. Dan, jika Anda menggunakannya untuk fungsi dasar dalam menyembunyikan identitas online anda, maka anda seharusnya tidak mengalami kesulitan besar. Namun, jika anda menggunakan Tor dengan maksud untuk mengakses Dark Web, maka anda bisa sebenarnya ditemukan dengan cukup mudah dari apa yang anda lihat. Itulah makanya jika anda memiliki webcam pada laptop atau komputer, sebaiknya ditutup walaupun menurut anda tidak aktif.
Apa ada biaya untuk Tor?


  • software ini bebas alias gratis untuk diunduh, namun, anda mungkin akan diminta oleh pengembang software untuk membuat sumbangan donasi. Anda tidak diwajibkan untuk melakukannya.
Apakah Tor cocok untuk Anda?
  • Bagi pengguna internet biasanya, anonimitas yang ditawarkan Tor tidak akan cukup untuk mendorong mereka agar mulai menggunakan perangkat lunak ini. Alasan utamanya terletak dari sistem enkripsi yang mengakibatkan koneksi internet Anda untuk menurun secara drastis. Selain itu, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, pelaksanaan pemantauan online membutuhkan waktu dan biaya, artinya pemerintah tidak bisa – atau bahkan mungkin mereka tidak mau – mengintai setiap warga negaranyana. Mereka harus fokus pada pola perilaku online tertentu yang mencurigakan. Maka dari itu untuk mayoritas orang yang menghabiskan waktunya di internet dengan, contohnya, menonton video lucu kucing atau mencari restoran pizza terdekat tidak akan terlalu diuntungkan dengan menggunakan browser Tor.
Apakah saya sebaiknya menggunakan Tor?
  • Keputusan untuk sebaiknya menggunakan Tor atau tidak sepenuhnya bergantung pada kebutuhan Anda. Tor gratis dan mudah untuk digunakan, dan biasanya merupakan perangkat lunak yang sangat efektif dalam sektor privasi. Anda akan mendapatkan akses ke situs gelap internet dan memiliki beberapa pilihan untuk melindungi keamanan online Anda. Di sisi lain, Tor lumayan lamban dan membuka kesempatan untuk terjadinya banyak bahaya saat online. Jika Anda lebih mengutamakan koneksi yang cepat, contohnya untuk streaming, mengunduh dan gaming, maka saya akan menyarankan anda untuk menggunakan VPN.

Jasa Tersembunyi pada tor apa saja?

  • Tor ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan lokasi mereka sambil menawarkan berbagai macam layanan, seperti penerbitan web atau server pesan cepat. Menggunakan Tor "access point". Pengguna lain Tor  dapat terhubung ke layanan ini Secara tersembunyi, masing-masing tanpa mengetahui identitas jaringan lain. Fungsiservice ini dapat memungkinkan pengguna Tor untuk membuat sebuah website dimana orang mempublikasikan materi ataupun artikel informasi tanpa khawatir tentang sensor dan pemblokiran. Tak seorang pun akan dapat menentukan siapa yang menawarkan situs, dan tak seorang pun yang menawarkan situs akan tahu siapa yang memposting artikel tersebut.
Tetap anonim

  • Tor tidak dapat menyelesaikan semua masalah anonimitas melainkan Tor ini sangat berfokus pada melindungi transportasi data. Anda perlu menggunakan protokol perangkat lunak pendukung khusus jika Anda tidak ingin situs yang Anda kunjungi untuk melihat informasi  diri Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan Torbutton saat browsing web untuk menyembunyikan beberapa informasi tentang konfigurasi komputer Anda.
  • Juga, untuk melindungi anonimitas Anda, menjadi cerdas. Jangan memberikan nama Anda atau mengungkapkan informasi lainnya dalam bentuk web. Sadarilah bahwa, seperti semua jaringan anonymi yang cukup cepat untuk browsing web, Tor tidak memberikan perlindungan terhadap end-to-end serangan waktu: Jika penyerang Anda dapat menonton lalu lintas yang datang dari komputer Anda, dan juga lalu lintas tiba di Anda dipilih tujuan, ia dapat menggunakan analisis statistik untuk menemukan bahwa mereka adalah bagian dari sirkuit yang sama
apabila kalian penasaran dan ingin mencoba menggunakan Tor tersebut maka kalian sebiknya mendownload dan mengunduh aplikasi ini pada website resmi dari pihak Tor. silahakan downlod di sini atau kunjungi https://www.torproject.org/download/ 

Kesimpulan

Tor memang memiliki manfaat, tapi ini adalah cara yang ekstrim untuk mendapatkan anonimitas secara online, dan seharusnya hanya digunakan oleh mereka yang merasa benar-benar diperlukan atau memang sudah ahli dalam hal tersebut. Ini karena risiko yang terkait dengan Dark Web, Tor mungkin bukan menjadi pilihan yang baik bagi pengguna internet rata-rata. jika ingin hanya untuk sekedar menyembunyikan identitas anda lebih baik menggunakan VPN entah itu premium atau berbayar, namun sebaik - baiknya VPN menyembunyikan informasi namun tetap memiliki kebocoran dalam informasi. kecuali kalian menggunakan VPN premium dan berbayar

Salam TrickyTips

No comments for "mengetahui Apa itu Tor, apa fungsinya, mengapa harus menggunakan Tor"